Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri Ciri Kampas Kopling Motor Habis Beserta Penyebabnya

idokeren.com - Ciri Ciri Kampas Kopling Motor Habis Beserta Penyebabnya , setiap sepeda motor mempunyai komponen yang namanya kampas kopling. Komponen ini merupakan salah satu komponen vital didalam mesin sepeda motor karena posisinya yang berada dalam mesin komponen ini jarang menjadi perhatian dalam perawatan sepeda motor.

Kampas kopling adalah salah satu komponen terpenting dari struktur mesin sepeda motor. Komponen ini berperan sebagai pemutus penyalur tenaga motor dari poros engkol ke transmisi.

Kapan harus ganti kampas kopling, Seperti komponen mesin lainnya, kampas kopling  memiliki daya tahan / masa pakai. Dalam buku manual pemilik sepeda motor  dianjurkan untuk memeriksa kondisi kampas kopling 12000 km atau setiap 12 bulan sekali

  Ciri Ciri Kampas Kopling Habies  Motor Bebek

Selain untuk menjaga agar mesin tetap dalam performance yang bagus, tujuan dari pemeriksaan  tersebut adalah untuk mengetahui kondisi kampas kopling, apakah masih dalam kondisi baik atau sudah mulai aus. Karena gaya berkendara sangat menentukan kondisi penggunaan dan usia pakai kampas kopling tersebut.

Saat kondisi lapisan pengait menipis atau aus, maka akan menimbulkan beberapa gejala yang bisa langsung dirasakan oleh pengendara sepeda motor. Gejala berikut adalah bantalan gesper yang aus.

Ciri Kampas Kopling Motor Habis

Lalu apa saja fungsi dari kampas kopling didalam sepeda motor seperti yang kita ketahui bahwa kampas kopling berfungsi sebagai, pemindah tenaga dan pengubung antara kruk as dan gear rasio ( penjelasan lebih detail baca cara kerja kampas kopling ).

Kampas kopling berkaitan dengan tenaga yang di hasilkan sepeda motor, jika dapur pacunya sudah maksimal tetapi kampas kopling tidak bagus maka tenaganya yang di hasilkan oleh dapur pacu sepeda motor akan terbuang secara percuma dan menyebabkan borosnya konsumsi bahan bakar pada sepeda motor.

Menurut kerjanya kampas ini terdiri dari dua jenis kampas weight set clutch primary (kampas kopling otomatis) dan disk cluth friction (kampas kopling disc) untuk jenis motor Cub / Bebek. Jika komponen ini sudah mulai habies performance kuda pacu kita pun akan menurun drastis dimana setiap kali kita riding dengan motor kesayangan kita maka tenaga yang di hasilkan terasa berat,

1. Akselerasi Mesin Rendah

Saat kampas kopling aus , tenaga tidak akan tersalurkan secara optimal. Akibatnya, mesin tidak responsif tenaganya, Dalam kondisi ini, mesin harus berputar lebih tinggi dalam kondisi normal untuk menggerakkan mesin. Efek lainnya adalah mesin akan sulit mencapai kecepatan maksimal.

2. Slip Kopling

Sulitnya memindahkan transfer ke posisi netral dapat mengindikasikan bahwa perlindungan kampas kopling mulai aus. Selain itu, gejala lain dapat muncul ketika kecepatan berubah, yang sering tersendat sendat dan  kehilangan tenaga. Hal ini disebabkan hilangnya atau berkurangnya cengkeraman  kanvas kopling pada pelat disk friction.

3. Mesin Cepat Panas

Hilangnya cengkeraman pada kanvas pada pelat kontak menyebabkan kedua komponen ini lebih sering bersentuhan menghasilkan panas. Selain itu, mesin yang selalu berjalan pada putaran tinggi juga bisa menghasilkan panas.
Misalnya, dalam kondisi normal, mesin berjalan dengan kecepatan 60 km/jam pada 5.000 putaran/menit. Tetapi ketika gespernya aus, mesin harus berputar pada 7.000 rpm untuk mencapai kecepatan yang sama.

Akibat Kampas Kopling AUS 

Konsumsi Bahan Bakar Menjadi Boros, Tenaga kendaraan terasa loyo dan saat berkendara  terasa Sangat letih saat berkendara.

Cara Merasakan atau Mengetahui Kampas Kopling Mulai habis

Cara mengenali kampas mana yang habies pertama yang mudah adalah dengan merasakan, jika itu adalah motor yang anda pakai setiap hari dalam beraktifitas anda pasti hafal dengan keadaan kuda pacu anda sendiri, kecuali anda menggunakan sepeda motor orang lain cara ini tidak akan terlalu efektif.

Pada sepeda motor yang weight set cluth nya habies biasanya dapat di rasakan saat anda berkendara pada saat anda menarik gas dari  pelan – tinggi tenaga yang di dapat seperti terlambat jika suara mesin sudah mengaung tinggi baru kita dapat merasakan tenaganya

baru bekerja, ini karena weight set clutch / kampas kopling otomatis baru bersentuhan dengan rumah kopling otomatis ketika RPM sepeda motor tinggi, rumah kopling otomatis dan weight set clutch / kampas kopling otomatis baru bekerja maksimal, ini dapat

terjadi karena bisa terjadi kemungkinan kampas kopling otomatis dan rumah kopling otomatis sudah habies. Kemudian disc clutch friction bagaimanakah mengenali komponen yang satu ini jika sudah mulai habies adalah jjka tenaga motor kita


bisa di rasakan pada tarikan awal berkendara pelan ke tinggi sampai akhir itu menandakan kampas kopling otomatis bagus.  Tetapi ketika di ajak berakselerasi seperti tenaga yang di dapat mengambang kurang maksimal dan setiap perpindahan gigi maka

tenaga sepeda motor harus di capai dengan susah payah besar kemungkinan kampas kopling pemindah tenaga sudah mulai tidak standar dan harus diganti. Untuk kasus seperti di atas memang tidak mudah bagi orang yang awam bisa memprediksi hal tersebut ada baiknya bawa ke mekanik

yang berpengalaman agar tidak salah prediksi karena untuk hal diatas di perlukan pengalam dan jam terbang yang tinggi. Bukan berarti kita yang orang awam tidak bisa memprediksi, dengan membaca artikel di atas tidak ada ruginya jika kita

mengetahui gejala dan ciri cirinya agar tidak di bohongi ya gak Sob .Ok sob nantikan artikel lainya hanya diSemoga artikel di atas bermanfaat bagi yang membutuhkan.