Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Faktor – faktor Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis

Idokeren.com – hai sobat... jumpa lagi pada tips – tips dan informasi seputar dunia otomotif di idokeren. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tips mengenai faktor – faktor apa saja yang dapat menyebabkan air radiator pada mobil cepat habis?

Dalam sektor permesinan mobil, tentu saja radiator mempunyai peranan dan fungsi yang sangat penting.

Peranan dari radiator ini adalah sebagai komponen yang berfungsi untuk mendinginkan atau menjaga suhu supaya tetap stabil, yang mana jika tidak stabil mobil akan mengalami kelebihan suhu atau overheat.
 
Faktor – faktor Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis

Hal ini dapat terjadi karena pada komponen ini terdapat air radiator yang befungsi untuk mengaliri seluruh bagian – bagian permesinan supaya suhu mobil tetap terjaga sehingga proses yang terjadi pada mesin mobil dapat berjalan dengan normal.

Karena memiliki fungsi yang sangat berguna untuk mobil, sobat tidak boleh sekalipun menyepelekan komponen yang satu ini, melainkan memberikan perawatan yang rutin dan teratur.

Sebab, terkadang ada beberapa masalah yang mana, mungkin ditemui oleh beberapa pengemudi mobil terkait komponen yang satu ini. Yakni air radiator mobil cepat habis secara tiba-tiba walaupun baru saja diisi dengan cairan yang baru.

Jika hal ini terjadi maka sudah pasti ada masalah pada bagian radiator atau komponen lain yang terkait. Sehingga, sobat harus sesegera mungkin untuk melakukan pemeriksaan dan pengecekan secara detail.

Oleh sebab itu, sobat perlu untuk mengenali apa saja faktor – faktor yang mungkin menjadi penyebab air radiator mobil cepat habis. Dengan begitu sobat dapat menjadikan hal ini sebagai alat untuk mendeteksi penyebab masalah terkait air radiator.

Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis

Langkah – langkah yag kita bahas guna mengidentifikasi apa saja faktor – faktor penyebab dari air radiator cepat habis sangat mudah, sehingga sobat dapat menerapkannya sendiri. penasaran apa saja faktor – faktor nya? Simak penjelasan berikut ini.


Tutup Radiator Mulai Rusak

Faktor pertama yang dapat memicu terjadinya masalah pada air radiator yang mudah terkuras salah satunya adalah terdapat masalah pada penutup dari radiator.

Masalah yang terjadi pada penutup radiator terletak pada karet yang terdapat pada penutup radiator, yang mana dapat membuat air lebih cepat habis dari pada biasanya.

Hal ini dapat terjadi karena tutup pada air radiator mengalami kerusakan, sehingga mengakibatkan arus air lebih cepat mengalir menuju bagian tabung cadangan.

Untuk mengatasi masalah ini, sobat dapat mengganti karet pada penutup air radiator yang rusak tersebut dengan penutup yang baru.


Water Pump mengalami Kebocoran

Faktor selanjutnya yang mungkin dapat menjadi penyebab dari cepat habisnya air radiator adalah adanya kebocoran yang terjadi pada water pump mobil.

Water pump sendiri berfungsi sebagai pendorong pompa dan juga untuk sirkulasi air yang terdapat di dalam mesin.

Dengan fungsi yang berhubungan pada air, tentu saja jika komponen ini mengalami kerusakan, tentu saja akan mengakibatkan turunnya volume air radiator yang cukup signifikan.

Masalah yang cukup di khawatirkan jika terjadi pada water pump adalah terjadinya kebocoran. Yang mana jika hal ini sampai terjadi, maka arus air yang mengalir akan sangat deras.

Biasanya, salah satu penyebab masalah seperti ini dapat terjadi pada water pump adalah karena faktor usia pemakaian yang terbilang lama.

Jika sobat mendapati masalah seperti ini, sangat disarankan untuk segara melakukan perbaikan. karena jika tidak , maka akan mungkin menyebabakan suhu mesin sangat rentan terjadinya overheat.

Salosi yang dapat sobat lakukan untuk mengatasi hal ini yaitu melakakukan perawatan yang tepat, seperti menguras air radiator sekitar dua bulan sekali, yang mana hal ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan terjadinya masalah seperti karat atau korosi.

Hal lain yang perlu sobat ingat juga adalah selalu menggunakan air dengan kualiats yang bagus atau cairan khusus radiator mobil. Langkah ini bertujuan untuk memaksimalkan kinerja dari water pump dan juga supaya water pump tidak rentan keropos karena masalah usia.

Sirip Air Radiator Bocor

Hal lain yang dapat menjadi faktor penyebab air radiator mobil alami kebocoran bisa jadi dipicu karena adanya masalah pada sirip air radiator yang mengalami kebocoran.

Indikasi bahwa komponen ini mengalami kebocoran sangat sulit untuk diketahui secara pasti, karena air yang mengalir karena bocor sangat mudah menguap.

Oleh karena itu, sobat perlu melakukan pengecekan secara rutin dan teratur pada bagian sirip di air radiator ini. Sehingga, jika terdapat indikasi bahwa komponen ini mengalami kebocoran, sobat dapat langsung segera melakukan perbaikan.

Selang Air Radiator Merenggang

Lagi lagi mengenai kebocoran pada selang air radiator, yana mana juga merupakan salah satu penyebab air radiator secara tiba – tiba habis.

Penyebab dari hal ini adalah karena tidak rapatnya selang yang terpasang di bagian radiator pada mobil.

Dengan tidak rapatnya selang, maka mengakibatkan selang tersebut merenggang. Dan akibat dari hal ini akan mempermudah cairan radiator meluap keluar. Hal ini memiliki kemungkian besar membuat volume air radiator mobil banyak berkurang.

Oleh karena itu, sobat sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin pada selang radiator untuk mencegah terdapatnya selang yang telah merenggang, terutama pada selang yang terhubung secara langsung pada radiator.

Untuk meminimalisir terjadinya masalah pada selang, sobat perlu untuk menggunakan selang dengan kualitas yang baik.

Masalah pada Penutup Ruang Pembuangan Air Radiator

Sama hal nya seperti masalah – masalah pada komponen di atas, penutup ruang pembungan air radiator juga dapat menjadi penyebab kenapa air radiator mobil mudah mengalami penurunan volume.

Komponen yang satu ini terletak pada bagian bawah. Dan masalah yang di alami komponen yang satu ini adalah kurang rapat yang mana akan mengakibatkan air radiator keluar dari penutup ini.

Kerusakan yang terjadi pada penutup pembuangan air radiator bisa kecil bisa besar. Walaupun masalah yang terjadi hanya berupa celah kecil, maka tentu air radiator akan terus keluar melalui celah kecil tersebut.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, sobat dapat menambal lubang yang terdapat pada penutup tersebut. Ataupun sobat dapat mengganti dengan yang baru jika kerusakan yang terjadi cukup parah.


Tidak Memakai Cairan Coolant

Pada dasarnya, faktor penyebab kebocoran pada air radiator tidak menutup kemungkinan bahwa masalah terdapat pada cairan itu sendiri.

Yang mana, jika sobat menggunakan air biasa, maka hal ini dapat memicu munculnya korosi pada beberpa komponen yang terkait dengan rangkaian sistem pendingin mobil

Dengan munculnya karat atau korosi, tentu saja akan memicu timbulnya celah yang dapat menyebabkan terjadinya kebocoran.

Karena masalah seperti ini, sobat sebaiknya menggunakan cairan khusus (coolant) sebagai cairan radiator mobil sobat. Hal ini bukan tanpa sebab, karena radiator coolant ini sudah di design khusus unutk menyerap panas, dan mencegah timbulnya karat pada material silinder mesin mobil.

Sekian beberapa faktor – faktor yang dapat memicu air radiator pada mobil cepat terkuras tanpa diduga – duga. Tetapi tidak menutup kemungkinan banyak faktor lain yang menjadi penyebab masalah tersebut.

Sebagai penutup, saya ucapkan terimakasih telah membaca seluruh artikel ini. jangan lupa juga untuk selalu membaca informasi seputar dunia otomotif lainnya di idokeren. – idokeren.com

Writer : Riski Rahmat H
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini