Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Penyebab dan Solusi Bodi Motor Bergetar

Idokeren.com – hai sobat, pada kesempatan kali ini kita akan mebahas penyebab bodi motor bergetar dan mengeluarkan suara yang berisik. Serta penjelasan sederhana bagaimana cara kita untuk mengatasi masalah tersebut.

Selain dalam hal keselamatan, kenyamanan dalam berkendara juga merupakan salah satu hal pokok yang diinginkan oleh para pengemudi. Tidak hanya pengemudi kendaraan roda empat, pengemudi kendaraan roda dua-pun menginginkan hal yang sama.

Penyebab dan Solusi Bodi Motor Bergetar

Karena hal tersebut, tidak mengherankan jika terdapat sedikit masalah atau kerusakan pada motor, dapat dipastikan bahwa hal ini akan mempengaruhi rasa nyaman pengemudi motor tersebut. 

Masalah yang sering ditemui oleh kebanyakan para pengemudi motor adalah bodi motor yang bergetar saat dikendarai dan bahkan pada saat mesin motor dinyalakan.

Kondisi motor yang seperti ini tentu saja akan sangat menggangu dalam berkendara, karena suara berisik yang dikeluarkan oleh bodi motor yang bergetar.

Selain menimbulkan suara yang berisik, bodi motor yang bergetar juga dapat mengindikasikan bahwa ada bagian cover bodi motor yang rusak atau kendor.

Jadi, jika sobat mengalami hal seperti ini, sangat disarankan untuk tidak menyepelakanya karena jika dibiarkan akan merusak komponen motor yang lain.

Tanpa berlama – lama lagi, berikut penjelasan mengenai penyebab dan solusi untuk mengatasi bodi motor yang bergetar seperti yang telah kita bahas diatas. Terutama yang sering terjadi pada motor skuter matik.


Penyebab Body Motor Bergetar

Masalah mengenai kondisi getaran pada bodi ataupun cover motor,penyebabnya diakibatkan oleh beberapa faktor. Antara lain sebagaimana yang dijelaskan berikut ini.

Terdapat Perubahan Posisi Cover Bodi

Hal pertama yang memiliki potensi besar penyebab bodi motor bergetar adalah adanya cover motor yang mengelami pergeseran posisi.

Biasanya, hal ini diakibatkan oleh adanya beberapa baut yang mengikat cover motor sudah mulai doll atau mengendur.

Hal ini merupakan hal yang wajar terjadi, terutama jika motor tersebut sering melewati jalanan yang parah dan bergelombang.

Untuk mengatasi hal ini, sobat cukup mengencangkan kembali baut – baut yang sudah mulai mengendur. Tetapi jika baut sudah doll, maka sobat perlu menggantinya dengan yang baru.

Sebagai pengingat, pada saat sobat ingin mengencangkan baut yang sudah mulai kendor, diusahakan untuk tidak terlalu keras. Karena hal ini dikhawatirkan justru akan menekan cover pada bodi sehingga berpotensi memecahkan cover motor.

Terdapat Sambungan Cover yang Patah/Retak

Hal lain yang menjadi penyebab bodi motor bergetar adalah adanya beberapa bagian dari penghubung cover yang telah mengalami keretakan atau sudah patah.

Jika salah satu dari penghubung antar cover mengalami kerusakan, cover yang satu dengan cover yang lain akan menjadi longgar dan tidak memiliki daya ikat.

Tidak sampai disitu saja, pemicu lain penyebab getaran pada bodi adalah bagian klip yang sudah mulai aus karena gesekan yang terjadi antar cover.

Cara sederhana mengatasi masalah ini adalah sobat dapat menggunakan double tape yang kuat untuk mengganjalnya.

Alat lain yang dapat sobat gunakan untuk menguatkan kembali dua bodi motor yang telah longgar selain double tape adalah lem Alteco.

Akan tetapi, solusi ini hanya bersifat sementara. Sangat disarankan untuk mengganti cover dengan yang baru supaya lebih aman.

Cover Pecah

Cover yang pecah merupakan masalah utama yang sudah pasti akan mengakibatkan bodi motor bergetar.

Biasanya, cover motor dapat pecah karena mungkin pernah menbrak sesuatu yang keras, atau bisa juga karena bekas kecelakaan (jatuh).

Karena hal ini, sobat perlu teliti dalam memeriksa titik cover bodi bagian mana yang menjadi sumber penyebab bodi motor sobat dapat bergetar.

Cara Sederhana Mengatasi Bodi Motor Bergetar

Setelah membahas beberapa faktor yang menjadi penyebab kenapa bodi motor dapat bergetar. Berikutnya kita akan membahas beberapa langkah mudah yang dapat kita lakukan dalam mengatasi masalah ini.

Menggunakan Sealant

Pada dasarnya, lubang baut yang ada pada cover bodi motor terbuat dari bahan material plastik yang sangat rentan rusak atau pecah.

Hal lain yang sangat berpotensi membuat lubang baut tersebut mudah kendor dan aus adalah karena motor tersebut terlalu sering melewati medan yang parah dan berlubang, serta cover bodi sering dibuka tutup.

Dengan menggunakan sealant, sobat dapat membuat sambungan antar body part plastik menjadi lebih kuat sehingga getarannya-pun hilang.

Contoh penggunaan sealant adalah seperti pada bagian cover atau batok lampu yang sering bergetar, oleskan sealant secukupnya pada ulirnya lalu kencangkan. Pada dasarnya, cara ini cukup berhasil untuk mengatasi getaran pada bodi motor akibat sambungan antar cover kurang erat.

Karena sealant merupakan bahan yang terbuat dari silikon, maka setelah proses pengeringan selesai sealant akan mengeras, sehingga akan menambah daya ikat cengkraman baut pada cover bodi motor.

Menggunakan Double Tape

Alat lain berikutnya yang dapat sobat gunakan untuk mengatassi getaran pada bodi motor adalah dengan menggunakan double tape yang kuat.

Double tape ini tentu saja akan kita gunakan untuk mengencangkan bagian antar bodi yang sudah mulai tidak presisi dikarenakan terdapat salah satu bagian cover yang rusak atau retak.

Cara ini merupakan solusi mudah yang dapat sobat lakukan, jika sobat belum siap untuk mengganti cover bodi dengan yang baru.

Cara penerapannya-pun sangat mudah sepeti yang telah disinggung sebelumnya. Sobat hanya perlu menghubungkan dua buah cover yang longgar tersebut.

Steelah itu, tempelkan double tape di antara dua buah cover yang akan sobat sambungkan. Selanjutnya tekan dengan kedua tangan sampai dua cover tersebut tersambung kuat.

Sebagai pengingat untuk sobat, cara ini hanyalah cara sederhana untuk mengurangi dampak dari getaran pada cover bodi motor. Karena, nantinya double tape yang digunakan kemungkinan besar akan mengelupas seiring penggunaan karena terkena air hujan,

Menggunakan Lem Alteco

Jika kasus yang sobat alami tidak terlalu parah, sobat dapat menggunakan lem untuk melekatkan cover bodi yang longgar.

Lem yang digunakan harulah lem yang kuat, seperti lem Alteco yang mana dikenal sangat keras.

Oleh sebab itu, Cara ini merupakan cara alternatif untuk melekatkan dua buah cover bodi motor yang telah longgar, yang dapat sobat lakukan jika kondisi cover bodi motor sobat belum terlalu parah. Sehingga, suara berisik yang dipicu oleh getaran motor dapat dihilangkan seketika.

Mengganti Cover Bodi dengan Cover Baru

Yaps.. cara ini merupakan cara paling ampuh yang dapat sobat lakukan, jika langkah – langah diatas tidak berhasi

Pilihan ini merupakan opsi terbaik, jika kondisi bodi motor sobat sangat tidak dimungkinkan untuk diperbaiki dengan cara apapun.

Untuk menghindari atau mengurangi petensi cover rusak karena kualitas yang kurang baik, sobat sangat disarankan untuk mengganti cover bodi dengan yang original langsung dari pabrikan.

sekian pembahasan kita mengenai penyebab dan solusi bodi motor bergetar, sampai jumpa pada pembahasan menarik lainnya seputar dunia otomotif di idokeren.com.

Writer : Riski Rahmat  H
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini