Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mencegah Karat Pada Tangki Motor Atau Mobil

Idokeren.com – Banyaknya perawatan motor atau mobil yang di tawarkan bengkel sangatlah menarik perhatian khususnya bagi pengendara yang sibuk bekerja. Tetapi, tahukah kalian jika ada beberapa perawatan motor atau mobil yang bisa kalian lakukan di rumah. Seperti mencegah karat pada tanngki motor atau mobil kalian.

Karena tempatnya yang jarang terlihat, bukan berarti tangki pada motor atau mobil tidak bisa rusak. Sama seperti komponen lain pada kendaraan, tangki pada motor atau mobil pun bisa mengalami kerusakan bahkan bisa bocor lohh.

Cara Mencegah Karat Pada Tangki Motor Atau Mobil

Dan, yang harus kalian lakukan sekarang adalah mengetahui penyebabnya tangki pada motor atau mobil berkarat kemudian mencegahnya. Jangan sampai sudah tau apa penyebabnya tapi malas untuk mencegahnya, bisa berbahaya lohh sob.

Yuk, disimak sampai akhir supaya motor kalian tidak meledak di jalan karena kebocoran tangki ;D

Penyebab karat pada motor atau mobil

Walupun terlihat sepele, tetapi penyebab paling umum dari tangki berkarat adalah cara kerja dari bakar itu sendiri. Sebab, banyaknya ruang penguapan bahan bakar pada tangki akan menciptakan embun, yang kemudian embun dari hasil penguapan bahan bakar tersebut menguap. Maka, terjadilah karat pada tangki motor atau mobil.

Karena tangki merupakan tempat paling penting dan berbahaya, maka daya tampungnya akan disesuaikan dengan spesifikasi motor atau mobil tersebut. Baik itu motor atau mobil berbahan bakar bensin, solar dan pertamax.

Jadi, dari pada sobat kesulitan membersihkan tangki yang sudah bocor. Ada baiknya sobat kenali bagaimana cara mencegah karat pada motor atau mobil tersebut.

Cara mencegah karat pada motor atau mobil

Memperkecil ruang uap pada tangki

Cara yang paling mudah memperkecil ruang uap pada tangki adalah dengan rutin menjaga bahan bakar motor atau mobil dalam keadaan stabil. Karena, dengan keadaan yang stabil maka penguapan pada tangki pun akan lebih kecil terjadi.
 

Menjemur motor atau mobil

Nah, ini hal yang paling umum terjadi apalagi saat parkir motor atau mobil di pinggir jalan. Padahal terik dari matahari adalah penyebab paling utama bahan bakar mudah menguap pada tangki walaupun motor atau mobil dalam keadaan penuh. Karena ada kemungkinan okta pada bahan bakar kalian akan menurun yang kemudian motor atau mobil sulit untuk dinyalakan.

Lebih baik menempatkan motor atau mobil di tempat yang lembab supaya embun tidak menempel dan menyebab tangki berkarat. Tetapi tidak dalam keadaan yang hujan juga sob, karena hujan lebih besar menyebabkan tangki berkarat dari pada terik matahari yang masuk ke tangki motor.

Pengurasan tangki

Jika, dirasa sulit melakukan pengurasan pada tangki motor atau mobil ada baiknya sobat pergi ke bengkel jika takut melakukannya di rumah. Dan penggurasan tangki bisa disesuai dengan penggunaan motor atau mobil, jika dirasa sering berpergian untuk kerja maka ada baiknya 3 kali pengurasan dalam satu bulan.

Tetapi jika dirasa sulit melakukannya maka 1 kali dalam sebulan pun tidak apa-apa, semua balik lagi ke sobat semuanya.

Pilihlah bahan bakar yang berkualitas

Memang tidak semua orang mampu membeli bahan bakar pertamax. Tetapi, jika sobat sayang terhadap motor atau mobil tersebut maka isilah dengan bahan bakar yang rendah penguapannya seperti pertamax .

Karena dengan sobat mampu membeli motor atau mobil, maka kalian harus mampu membeli bahan bakar yang baik. Supaya motor atau mobil sobat semua nyamana untuk digunakan dan awet tentunya. Seperti kalian membeli handphone ;D

Lapisi dengan anti karat

Dan yang terakhir, bisa dengan menggunakan cairan khusus anti karat untuk memcegah karat pada tangki. Walupun, masih jarang pengendara yang menggunakan ini tetapi tidak ada salahnya bertanya ke bengkel terdekat apakah motor atau mobil kalian bisa dipasangi cairan khusus anti karat tersebut.

Seperti contoh pada tangki motor MotoGP yang menggunakan busa.

Nah, kesimpulan yang bisa diambil dari cara mencegah karat pada motor atau mobil adalah kepekaan sobat keren terhadap motor atau mobil tersebut. Hanya itu pelajaran yang bisa saya sampaikan, jika ada kesalah mohon dibantu perbaiki sobat sekalian … terima kasih dan sampai jumpa lagiieee…

Writer : Revina Martin
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini