Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Membersihkan Karat pada Mesin Motor

Idokeren.com – hai sobat semua... jumpa ladi di blog seputar dunia otomotif idokeren. Saperti temanya, kali ini kita membahas beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk membersihkan karat pada bagian mesin motor.

Karatan atau korosi pada motor biasanya banyak timbul jika sobat jarang melakukan perawatan rutin pada motor sobat, apalagi jika di tempat daerah sobat tinggal sedang musim hujan, yang mana membutuhkan perawatan lebih dari biasanya.

Tips Membersihkan Karat pada Mesin Motor


Pada motor motor sendiri, korosi akan timbul pada bagian berbahan material besi contohnya: mesin, knalpot, rantai, dll.

Oleh sebab itu kita membutuhkan tips yang dapat kita gunakan untuk menghilangkan karatan pada komponen – komponen tersebut, yang mana dapat membantu kita untuk melewati musim hujan, dan mengangkat korosi pada komponen motor dengan material besi.

Tips yang akan kita bahas kali ini cukup mudah dan efektif sehingga sobat dapat dengan mudah menerapkannya sendiri di rumah. langkah – langkah berikut ini juga dapat sobat terapkan pada saat menemukan indikasi bahwa motor sobat mengalami korosi.

Baik tanpa basa - basi lagi, mari simak pembahasan lebih detailnya berikut ini.

Tips Menghilangkan Karat pada Mesin Motor

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat sobat terapakan dalam memberantas karat pada motor sobat, mari kita kupas semua langkah – langkah nya pada pembahasan berikut ini.

Menggunakan Bahan Bakar Pertamax Plus

Salah satu cara yang dapat sobat gunakan untuk memberantas karat pada mesin motor adalah dengan menggunakan Pertamax Plus sebagai bahannya.

Selain dengan Pertamax Plus, sobat membutuhkan bahan lain sebagai opsional yaitu minyak solar. Minyak solar ini perlu sobat campurkan dengan rasio 1:2 untuk membersihkan karat. Perlu sobat ingat sekali lagi bahwa minyak solar opsional, jika tidak punya cukup menggunakan Pertamax Plus saja.

Langkah selanjutnya sangat mudah yaitu mengoleskan campuran Peratamax plus dan minyak solar tadi pada bagian mesin motor sobat, yang mana telah terkena karat atau korosi.

Kemudian setelah itu sobat perlu menyikat bagian motor tersebut dengan alat seperti sikat gigi atau semacamnya supaya karat yang menempel kuat dapat hilang sepenuhnya.

Setelah sobat merasa cukup dan tidak mendapati karat yang tersisa, lap-lah bagian motor yang telah sobat sikat tadi dengan menggunakan kain kering, langkah selanjutnya yaitu bilas menggunakan air bersih untuk membersihkan sisa - sisa minyak solat atau pertamax plus yang sobat telah gunakan sebelumnya.

Menggunakan Oli Bekas

Bahan yang satu ini dapat dikatakan cara yang cukup unik, mengingat bahan yang akan kita gunakan adalah oli bekas. Untuk membersihkan karat, kita tidak harus menggunakan oli yang baru.

Sebenarnya, oli bekas sangat tidak disarankan untuk tetap menggunakan sebagai oli motor sobat. Tetapi, kandungan atau unsur yang ada dalam oli (mau baru atau yang bekas sekalipun) cukup efektif untuk menghilangkan korosi pada komponen berbahan besi pada motor.

Sama seperti menggunakan Pertamax Plus, caranya tidak rumit dan cukup mudah. Cukup siapkan oli bekas dan juga jangan lupa sikat gigi atau semacamnya untuk menghilangkan noda membandel.

Langkah pertama setelahnya yaitu oleskan oli secara merata pada komponen yang terdeteksi mengalami korosi, kemudian tunggu beberapa saat sambil menghidupkan mesin motor.

Hal ini perlu sobat lakukan karena panas mesin motor yang dihasilkan ketika menghidupkan motor dapat membuat karat yang menempel rontok.

Selain pada pada bagian luar, sisi bagian dalam pada komponen motor seperti lubang knalpot dapat sobat bersihkan dengan cara sepeti ini, yang mana cukup mudah untuk dilakukan.

Langkah terakhir yaitu menyikat bagian motor yang telah terolesi oli bekas sebelumnya, dan kemudian bilas menggunakan air bersih untuk membersihkan sisa – sisa karat dan juga bekas oli.

Baca Juga : Cegah Karat Di Knalpot Dengan Minyak Goreng + Gula Merah ?

Menggunakan Pembersih Porselin

Langkah selanjutnya yang dapat sobat lakukan adalah dengan menggunakan cairan pembersih seperti pembersih porselin.

Langkah pertama untuk menggunakan cara ini sangatlah mudah yaitu dengan mengoleskan cairan pembersih porselin pada bagian – bagian motor yang telah mengalami karatan atau korosi.

Setelah mengoleskan secara merata, diamkan beberapa saat. Setelah itu gosoklah menggunakan alat sikat apa saja seperti sikat gigi, sikat kawat, dll untuk menghilangkan karat secara menyeluruh.

Setelah sobat merasa semua karat telah tersikat dan terkelupas, sobat harus menyiram bagian – bagian motor yang telah sobat oleskan pembersih porselin sebelumnya sampai bersih.

Sobat Jangan lupa juga untuk tidak meninggalkan sedikit sisa cairan porselin (walaupun sangat sedikit sekalipun), karena hal ini dapat menimbulkan kerak baru pada kemudian hari.

Oleh sebab itu, tidak disarankan untuk menggunakan cairan pembersih porselin untuk membersihkan area blok mesin karena sangat susah untuk membersihkan sela sela pada bagian tersebut.

Dengan Menggunakan Pasta Gigi

Tips yang satu ini juga sangat ergonomis banget sobat. Tanpa di duga-duga pasta gigi termasuk kedalam beberapa alat mudah yang dapat kita gunakan untuk menghilangkan korosi pada motor.

Namun, cara ini juga dapat dibilang cara alternatif karena penggunaan pasta gigi untuk mengangkat karat pada motor terbilang jarang digunakan, alhasil tidak banyak hasil dari penggunaanya.

Walaupun begitu, tips ini patut untuk di coba. Nah... untuk step – step nya sangatlah mudah sobat.

Pertama – tama sobat perlu melumuri bagian komponen yang telah berkarat dengan menggunakan pasta gigi. Setelah itu sobat tunggu beberapa saat sekitar 2menit, kemudian sikat menggunakan sikat gigi bekas atau sikat semacam lainnya.

Perlu sobat ingat, tips ini tidaklah instan hasilnya. Jadi sobat perlu mencobanya beberapa kali untuk merasakan hasil dari penggunaan pasta gigi ini.

Menggunakan Cuka

Tidak kalah mainstream dengan pasta gigi, bahan yang satu ini juga terbilang cukup unik. Yups... bahannya adalah cuka yang mana ampuh untuk menghilangkan korosi pada motor.

Cara untuk menggunakannya pun sangat mudah dan dapat sobat lakukan dirumah, sobat hanya perlu mengoleskan cuka pada bagian yang berkarat.

Jika sudah, sama seperti biasa tunggu beberapa saat 1menit lebih, lalu sikat menggunakan sikat gigi atau sikat sejenis lainnya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sobat sangat disarankan untuk melakukan cara seperti tadi beberapa kali, terutama pada bagian komponen yang mengalami karat yang sangat serius.

Nah... itulah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk memberantas karatan atau korosi pada mesin motor kita sobat, gimana? Mudah bukan?

  
Sebenarnya sangat banyak cara lain atau alat lain yang dapat sobat gunakan untuk memberantas korosi. Namun, cara – cara di atas patut sobat coba karena memang cukup efektif melawan karat.

Saya ucapkan terimakasih telah membaca sampai akhir, semoga informasi di atas bermanfaat untuk sahabat setia idokeren semua. Sampai jumpa pada pembahasan menarik dan bermanfaat lainya seputar dunia otomotif lainnya.

Dan juga pantau terus blog tercinta kita yang mana membahas dunia seputar dunia otomotif yaitu Idokeren – idokeren.com

Writer : Riski Rahmat H
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini