Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Untuk Menjadi Pengendara Yang Ramah Lingkungan

Idokeren.com – hai sahabat semuanya... selamat datang di blog idokeren. Topik kita kali ini terbilang cukup santai y... karena kita akan membahas apa saja yang harus kita lakukan untuk menjadi pengendara yang ramah lingkungan.

Di DKI jakarta sendiri, kendaraan darat seperti mobi, motor, dll menyumbang sekitar 75% polusi udara di daerah tersebut. Dari data data tersebut bahwa, kesadaran untuk berkendara ramah lingkungan wajib di beritahukan kepada banyak khalayak umum.

Tips Untuk Menjadi Pengendara Yang Ramah Lingkungan

 
Hal ini di khususkan kepada pengendara motor dan mobil yang mana merupakan alat transportasi favorit masyarakat indonesia. Pada dasarnya, untuk menjadi pengendara yang ramah lingkuangan, sobat perlu untuk mengurangi sebanyak mungkin polusi yang disebabkan oleh kendaraan sobat.

Oleh karena itu... kali ini idokeren akan mebahas beberapa tips untuk menjadi pengendara yang ramah lingkungan. Yang mana jika sobat menerapkan langkah – langkah berikut ini, sobat telah membantu melestarikan lingkungan sekitar.


Tips Berkendara Ramah Lingkungan

Tips yang akan kita bahas berikut ini terbilang cukup mudah dilakukan, jadi sobat dapat dengan mudah menerapkannya. Penjelasan lebih lanjut, simak pembahasan berikut ini.

1. Merencanakan perjalanan

Hal peratam yang dapat sobat lakukan adalah dengan merencanakan perjalanan yang akan sobat tempuh. Perlu sobat ketahui bahwa berkendara selama 10 menit tanpa tujuan akan menyebabakan turunnya efisiensi bahan bakar sebesar 14% setiap jamnya.

Oleh sebab itu, sobat perlu untuk merencanakan jalan yang akan sobat tempuh untuk menuju tujuan. Untuk membantu sobat melakukannya, sobat dapat mengguanakn GPS (Global Positioning System).


2. Memeriksa tekanan angin secara rutin

Langkah lain yang dapat sobat lakukan untuk mengurangi polusi adalah dengan selalu melakukan pemeriksaan pada tekanan angin kendaraan sobat. Yang mana jika tekanan angin pada kendaraan sobat dalam keadaan yang benar maka, akan mengurangi pergesekan antar ban terhadap permukaan jalan, sehingga penggunaan bahan bakar lebih irit.

Hal ini dapat terjadi karena tekanan angin yang benar dan tepat akan menambah kekuatan cengkraman pada permukaaan jalan jalan. Selain membantu sobat menjaga kelestaian lingkungan, melakukan hal ini juga dapat membuat sobat lebih aman saat berkendara.

3. Mematikan mesin mobil jika tidak di perlukan lagi

Hal yang satu ini terlihat sepele, namun dapat membantu sobat mengurangi polusi yang disebabkan oleh kendaraan sobat. Hal ini disebabakan oleh mesin yang hidup akan tetap mengkonsumi bahan bakar.

Sebagai perbandingan, menyalakan mobil dalam waktu 1menit akan mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak ketimbang menghidupkan kembali mesin. Jadi sobat jangan meremehkan hal ini walaupun terlihat sangat seple.

4. Menggunakan Bahan Bakar yang Berkualitas

Memakai bahan bakar yang memiliki kualitas yang baik juga dapat membuat sobat menjadi pengendara yang ikut melestarikan lingkungan. Bahan bakar berkualitas bagus tentu saja yaitu bahan bakar yang tidak terdapat campuran timbal didalamanya.

Untuk memudahkan dalam memilih, sobat dapat menggunakan bahan bakar rekomendasi pabrikan, yang mana akan mengahasilkan proses pembakaran yang lebih optimbal, sehingga emisi dapat ditekan.

Sekian beberapa tips yang dapat sobat lakukan untuk ikut serta menjadi pengendara yang ramah lingkungan. Sebenarnya ada banyak hal – hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan, namun saya rasa beberpa tips di atas sudah cukup bagus jika kita menerapkannya.

Saya harap nformasi diatas bermanfaat untuk sobat semua, dan sampai jumpa pada pembahasan otomotif lainnya. – idokeren.com

Writer : Riski Rahmat H
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini