Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Memperbaiki Kaca Mobil yang Retak dengan Mudah

Idokeren.com – hai sobat semua... topik pembahasan kita kali ini cukup ringan, dimana kita akan membahas bagaimana cara kita untuk menangani atau memperbaiki kaca mobil yang retak. Simak penjelasan lengjapnya di bawah ini.

Sebelum membahas bagaimana cara untuk menangani kaca mobil yang retak, ada baiknya kita mengetahui penyebab kaca mobil dapat retak. Kaca mobil dapat retak karena banyak hal seperti tabrakan, akibat dari jalan yang bergelombang, tergores oleh benda lain, pemuaian akibat suuhu panas, dan banyak lainnya.

Tips Memperbaiki Kaca Mobil yang Retak dengan Mudah

 

Walaupun hanya retakan, rasanya kurang nyaman saat melihat kaca mobil yang retak. Sebelumnya sobat mengganti dengan yang baru, sobat dapat mencoba melakukan tips di bawah ini untuk menangani kaca yang retak.

Tidak semua kaca mobil retak dapat di perbaiki

Namun dibalik itu semua, tips di bawah ini tidak dapat mengatasi segala macam jenis retakan pada kaca mobil. ada beberapa hal yang perlu sobat perhatikan sebelum menerapkan tips berikut. Untuk memperbaiki kaca mobil dengan menggunakan teknik suntik, ada beberapa kondisi dalam penerapannya. Berikut kondisi – kondisinya.

1. Retakan maksimal 14 inci (35-36 cm)

Kondisi yang pertama yaitu panjangnya retakan yang terjadi, Panjang retakan tidak boleh melebihi 14 inci. Jika retakan kurang dari 14 inci masih ada kemungkinan untuk melakukan perbaikan. Namun jika retakan melebihi 14 inci, sobat dapat mengganti kaca mobil dengan yang baru.

​​2. kaca interior tidak tertembus

Kondisi lainnya sebelum melakuka tips ini adalah kedalaman dari retakan tidak boleh melebihi atau mencapai bagian kaca interior. Jika mencoba memaksa melakukan perawatan dengan kondisi retakan sampai kaca interior, hal ini akan sia – sia karena resin tidak dapat mencapai bagian dalam kaca.

3. Retakan tidak terjadi di sudut

Hal berikutnya untuk melakukan tisp ini adalah retakan tidak terjadi di sudut. Pada umumnya kebanyakan retakan pada kaca mobil dimulai dari sudut kemudian akan menjalar ke bagian tengah kaca. Jika sobat mengalami retakan pada sudut, disarankan untuk mengganti kaca mobil dengan yang baru.


4. Fitur mobil pada kaca mobil tidak terganggu

Kondisi yang tidak kalah penting juga adalah retakan tidak menggangu fitur – fitur mobil yang ada pada kaca. Hal ini karena beberapa mobil meletakan sensor pada kaca mobil. jika retakan menggangu salah satu sensor pada mobil, sobat sangat disarankan untuk pergi ke bengkel.

Cara memperbaiki kaca mobil yang retak


1. Bersihkan kaca mobil

hal pertama yang harus sobat lakukan saat memperbaiki kaca mobil yan retak adalah melakukan pembersihan kaca. Hal ini dilakukan untuk membersihkan serpihan kaca mobil, debu – debu, dan kotoran yang menempel lainnya.

2. Lakukan pengeboran

Langkah slenajutnya yaitu melakukan pengeboran untuk membuat lubang. Lubang ini nantinya akan berguna sebagai tempat masuknya resin sehingga kaca mobil dapat merekat kembali. Jangan lupa juga supaya membuat lubang secukupnya, dan jangan terlalu besar.

3. Memasukan resin

Hal utama dalam cara ini adalah memasukan resin ke dalam lubang yang telah di buat sebelumnya. Masukan resin ke dalam lubang tersebut hingga permukaan lubang tertutup. Setelah itu, diamkan beberpa jam dan tunggu hingga resin mengeras.

4. Pemerataan cairan


Setelah menunggu dan resin mengembalikan keretakan kaca hingga terlihat lebih mengecil dari sebelumnya. Saat nya untuk melakukan terakhir yaitu proses sinar UV. Setelah melakukan proses tersebut pemerataan dilakukan dengan menggunakan lapisan film.

Saya harap tips kali ini bebrmanfaat untuk sobat semua, dan sampai jumpa pada pembahasan tentang dunia otomotif lainnya. – idokeren.com

Writer :Riski Rahmat H
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini