Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tanda-Tanda Kampas Rem Mobil Habis dan Harus Diganti

Idokeren.com – semua sobat yang lagi baca artikel ini pasti tau kan, cara mengerem yang baik pada mobil. Kecuali mereka yang tidak mempunyai mobil ( seperti yang menulis artikel ;D ), tapi gak masalah sobat. Belajar sebelum memiliki itu lebih baik dari pada memiliki dulu baru belajar ( kata sobat keren sok puitis loh :D

Nah, kita balik ke topik pembahasan tentang tanda-tanda kampas rem mobil habis dan harus diganti. Sebetulnya, salah satu tanda yang paling sangat terasa jika rem harus diganti itu adalah kedalaman rem yang sangat parah dan munculnya decitan saat mengerem mobil.

Tanda-Tanda Kampas Rem Mobil Habis dan Harus Diganti

Oleh karena itu, dari pada otot-otot kalian menjadi semakin tegang ( udah kayak lagu ;D ) mending sobat keren pelajari tanda-tanda lainnya yang mungkin tidak kalian sadari. Padahal itu termasuk…

Tanda-Tanda Kampas Rem Mobil Habis dan Harus Diganti

1. Volume Minyak Rem

Tanda yang pertama dan paling umum terjadi memang kedalaman rem yang tidak wajar dan munculnya decitan saat mengerem mobil. Tapi ternyata, berkurangnya volume minyak rem juga menandakan adanya kampas rem yang harus diganti. Mengapa bisa seperti itu ?

Perhatikan dengan seksama sob, jika kondisi rem mobil kalian dalam kondisi baik maka penurunan minyak rem akan normal. Tetapi sebaliknya, penurunan volume minyak rem akan tidak normal karena jika terjadi 2 hal ini pada mobil kalian.

Pertama adanya kebocoran pada minyak rem atau yang kedua karena kampas rem mobil mulai habis. Jika dirasa tidak ada kebocoran pada minyak rem berarti berkurangnya volume minyak rem itu dikarenakan kampas rem mulai habis dan harus diganti.

2. Getaran pada stir mobil

Getaran pada stir mobil umumnya terjadi karena mobil dipacu dalam kecepatan tinggi kemudian sang pengendara menginjak rem. Mungkin tanda yang pertama kali muncul tidak langsung ke stir mobi sob. Tapi ke pedal rem yang terasa bergetar dan ini menandakan kalau kampas rem mulai habis.

Tapi sob, beda ceritanya jika getaran sudah sampai ke stir mobil. Getaran yang terjadi sampai ke stir mobil ini disebakan oleh permukaan kampas rem yang tidak lagi rata sehingga cengkraman rem ke piringan cakram tidak normal. Yang pada akhirnya sobat harus menginjak rem dengan kedalaman yang tidak wajar.

Nah, ini adalah salah satu tanda dari kampas rem yang parah sob. Karena bukan hanya cakram rem saja yang akan rusak jika kalian menunda pergi ke bengkel. Tetapi stir mobil pun akan ikut rusak nantinya sob.

3. Usia Pakai Kampas Rem

Dan diurutan terakhir pembahasan kita ada usia pakai kampas rem, kalau hal ini tidak bisa ditoleransi lagi sob. Pada mobil yang tidak memiliki sensor elektrik kalian bisa mendekteksi ketebalan kampas rem lewat tanda-tanda yang telah disebutkan tadi. Tetapi untuk mobil yang memiliki sensor elektrik kalian tidak perlu melakukan pengecekan karena sensor elektrik tadi akan memberikan informasi pada pengemudi jika kampas rem harus diganti.

Dan, menurut beberapa artikel yang saya baca. Ternyata ada beberapa mengatakan bahwa kampas rem pada mobil matic dan manual itu memiliki umur pakai yang berbeda. Seperti pada mobil matic, pada jarak tempuh mencapai 40 ribu KM/Jam kampas rem harus diganti dan untuk mobil manual jarak tempuh lebih jauh yaitu sekitar 70 KM/Jam.

Nah, kesimpulan dari topik pembahasan kali ini adalah lakukanlah pergantian jika dirasa menemukan tanda-tanda kampas rem habis dan harus diganti. Dan gantilah kampas rem di bengkel dan merk yang sudah terjamin kualitasnya karena kampas rem yang KW bisa menyebabkan tidak ada bedanya dengan kampas rem yang telah habis tadi. Yaitu sama-sama tidak melakukan pengeram dengan baik.

Semoga artikel ini bisa membatu sobat semuanya dalam mengenali kerusakan pada mobil dan untuk kalian yang telah membaca sampai akhir…. terima kasih… dan sampai jumpa lagi..

Writer : Revina Martin

idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini