Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Motor Ngebul Tanpa Bongkar Mesin Bisakah ?

Idokeren.com - Halo sobat keren jumpa lagi di blog idokeren.com pembahasan kita kali ini adalah mengenai motor yang ngebul asap putih atau cara mengatasi motor ngebul tanpa bongkar mesin, sebelum mengetahui penyebab pasti kenapa bisa ngebul putih ada baiknya baca ulasan saya tentang jenis jenis asap ngebul pada motor.

Nah kali ini yang mau saya bahas bisakah mengatasi motor ngebul tanpa di bongkar mesin ?

Disini arus kita pahami dulu pengertian bongkar mesin ful dan setengah.

Dimana kalo di bengkel gitu ya, motor dapat di bongkar setengah untuk menyelesaikan masalah motor ngebul. 

Cara Mengatasi Motor Ngebul Tanpa Bongkar Mesin

Cara Mengatasi Motor Ngebul Tanpa Bongkar Mesin Bisakah

Apa Yang Harus Diganti Jika Motor Berasap?

Turun mesin setengah ibaratnya kalo bahasa umunya, Apa saja yagn di bongkar jika turun mesin setengah dan apa saja komponen yang perlu diganti neh sob ?.

Biasanya yang di bongkar itu hanya bagian head cylinder, nanti paling ganti gasket / paking cylinder, terus skir klep, ganti piston dan ring piston ( wajib untuk kasus motor ngebul).

Kalo Turun Mesin Full Itu Apa Sob ?

Turun mesin ful itu jika kerusakan sudah mengenai stang piston, Biasanya gitu sobat keren. Soalnya kalo setang piston yang rusak sudah pasti mesin harus turun dari rangka mesin.

Penyebab utama turun mesin full ??

Banyak faktor sich, Tetapi paling sering itu karena jorok ganti oli / jarang ganti oli.

Kalo jarang ganti ini pasti pelumasan tidak optimal untuk setang piston yang terus bergerak sepanjang motor di hidupkan 

Makanya vital banget tuh bagi kalian  bikers untuk ganti oli secara rutin atau sesuia anjuran pabrikan. Saran ajah jangan karena kalian mengganti oli dengan harga mahal.

terus kalian berpikir bahwa oli itu bisa di pake stahun atau 2 tahun hehehe.

Itu kesalahan paling umum dalam berpikir biasanya gitu karena merasa ganti oli dengan harga mahal, padahal oli motor mahal itu bagus banget yang gak bagus adalah oli di ganti setahun sekali .

Iya kalo motornya itu jarang di pake masih bisa di bilang mending deh, tapi kalo di pake terus menerus gimana gak mau hancur itu sob motor.

Baca Juga : 5 Penyebab Motor Berasap ?

Nah pertanyaanya balik lagi ke awal

Cara Mengatasi Motor Ngebul Putih Tanpa Bongkar Mesin ?

Kalo untuk mencegah hal ini bisa banget sob yaitu 

1. Ganti oli teratur. Oli jika sudah jelek atau encer tentunya kan sangat mudah masuk ker uang bakar, Ada baiknya di ganti sebelum oli menjadi sangat encer. Oli baru di harapkan mempunyai kekentalan standar dan daya rekat maksimal di seluruh jeroan mesin  sehinggan perlindungan lebih maxsimal.

2. Service sesuia jadwal. Service rutin untuk mengecek bagian bagin sepeda motor yang memang sudah tidak layak di  gunakan lagi, misal jika suah terlihat asap ngebul putih secara halus atau sedikit sedikit, Menandakan bahwa kemungkinan ada seal klep yang bocor sehingga masuk kedalam ruang bakar mesin.

3. Membersihkan kerak di head cylinder dengan cairan khusus. Penumpukan karbon di dalam ruang cylinder ini juga berdampak fatal dimana. Karbon yang terlalau tebal akan membuat titik mati atas berubah , sebelum kompresi maximal. maka akan terjdai ledakan duluan. Dan kerbon yang terlalau banyak jika rontok akanmembuat kelep terganjal atau karbon merusak dinding silinder pembakaran kareana pada rontok.

Nah itu konteksnya untuk mecegah ya sob.

Bagaimana kalo sudah keluar asap putih dari motor, untuk situasi ini sebenarnya sudah gawat sich sob.

Ada beberapa  kemungkinan ketika asap putih muncul.
  • Pertama. Ada kebocoran klep pada head cylinder pada motor.
  • Kedua. Kebocoran pada gasket, paking head cylinder.
  • Ketiga. Kerusakan pada piston dan ring piston ( ini fatal gak ada obat NO DEBAT)
jadi bisakah cara mengatasi motor ngebul tanpa bongkar mesin jawabanya adalah ?

Jika asap yang keluar dari knalpot itu asap putih maka tidak BISA. Harus bongkar sob gak ada jalan lain lagi.

Kalo tidak percayaa silakan tanya mekanik kepercayana kalian sob, Kalo asap ngebul putih tanpa bongkar mesin tanpa bongkar mesin saya yakin semua jawan tidak bisa. 

Berapa biaya servis motor keluar asap?

Untuk biaya perbaikan ini jika hanya turun mesin setengah dan barang original semua sekitar 1.5 sampai 2 jutaan ya sob.

kalo barang kw mungkin tidak sampe 1.5 juta. itu untuk harga barang saja ya sob, belum jasa menurut perkiraan ku jasanya bisa sekitar 500k ini semua tergantung bengkel dan sikon ya sob.

Jika ful sampe setang seher makanya bisa sekitar 3 jutaan sob ini menurut perkiraan dengan sparepart itu aseli semua ya, diluar jasa.

Motor Keluar Asap putih Apakah Berbahaya?

Motor yang keluar asap putih ya tentu sudah mengalami kerusakan cukup serius, Motor berasap dapat menggangu penglihatan pengendara lain di jalan.

Dan lebih berbahaya lagi jika motor kehabisan oli karena oli terbakar dan mengakibatkan macet piston dan seher karena olinya habis.

Kenapa Motor Kalo Panas Ngebul?

Nah ini sudah kita bahas di atas ya sob cara mengatasi motor ngebul tanpa bongkar mesin, oli ngebul saat panas itu karena oli terbakar efek dari cylinder dan piston yang memuai dan ukuran piston dan cylinder sudah tidak standar lagi.

Nah semoga informasi diatas tenatg cara mengatasi motor ngebul tanpa bongkar mesin dapat bermanfaat sob jangan lupa coment di bawah sob jika ada koreksian maka kami akan senang sekali agar artikel di blog ini dapoat berkualitas dan bermanfaat bagi orang lain yang membaca.
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini

Post a Comment for "Cara Mengatasi Motor Ngebul Tanpa Bongkar Mesin Bisakah ?"