Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Penyebab Gas Motor Naik Sendiri Cari Tau Penyebabnya ?

idokeren.com - Sobat keren yang mengalami gas sepeda motornya naik sendiri atau gasnya nyangkut sehingga mesin sepeda motor bergerung dengan keras atau bisa juga gas sepeda motor naik sendiri pada saat  sedang berkendara saat hujan atau ada juga yang kasusnya gas motornya susah turun apakah anda pernah mengalami ini sob.

Hal ini dapat saja berbahaya jika anda tidak sigap mengatasinya dengan langsung mematikan mesin kendaraan bisa bisa nabrak kendaraan didepanya, Penyebab gas motor naik sendiri bisa banyak hal  seperti yang akan kita bahas di bawah ini.



Penyebab gas motor injeksi naik sendiri pada saat start awal menghidupkan mesin  itu sangat lumrah bagi sobat keren pemilik kendaraan matik karena itu menandakan bahwa choke otomatisnya bekerja normal dan baik baik saja

Patut di ketahui idle speed atau langsam pada sepeda motor.

Sebelumnya kita membahas tentang idle speed / langsam di sepeda motor,  langsam adalah dimana mesin sobat keren hidup dengan putaran stabil sesuai dengan setelan RPM gas yang telah di sesuaikan dengan alat atau feeling mekanik.

Setelan RPM Gas Motor Pada Umunya Adalah :

Motor Matik  1400 - 1700 RPM
Motor Bebek 1200 - 1300 RPM
Motor Sport  1400 - 1500 RPM

Baca Juga : Penyebab Motor Injection Brebet Saat Di Gas Yuk Cari Tau...

Suara mesin saat hidup teratur gitu dan suaranya berdetak terarur  merdu enak pokonya didengarnya adem tetapi  ketika langsam motor naik turun nah ini biasanya menjadi tanda ada sesuatu yang tidak beres dengan motor sobat keren. Bahkan lebih parahnya gas suka naik sendiri dan suaranya menggerung keras.

Ini berarti ada masalah pada motor sobat keren. Hal ini dapat terjadi pada motor apa saja baik matik, sport , bebek dll  baca lebih lanjut yuk kebawah lagi.


Penyebab Gas Motor Naik Sendiri 

Sobat keren analisa penyebab gas motor matic tidak stabil atau motor lainnya, Dapat di sebabkan oleh banyak hal salah satunya adalah seperti yang di jabarkan di bawah ini.


1. Kabel Gas Bermasalah

Kabel gas yang bermasalah bisa di sebabkan oleh karat didalamnya, biasanya hal ini terjadi pada kabel gas yang sudah cukup lama dimana pelumas / gemuk yang berada di dalam kabel selongsong gas sudah tidak ada, kemudian karet penutup gas sudah robek, Kabel gas sudah mulai retak retak

Penyebab gas motor susah turun adalah karena kawat di dalam selongsong gas sudah di penuhi karat oleh proses oksidasi bertahun tahun, Sobat tahu kabel gas itu termasuk sparepart yang jarang di ganti bahkan dalam jangka waktu 3 tahun saya jamin sobat belum pernah mengganti kabel gas ( :V ), Kalo perlu 5 - 8 tahun baru ganti kabel benar gak sich itupun karena sudah bermasalah.

dan di sebabkan tarikan gas motor matic terasa berat baru deh di ganti jika motornya matik.

Solusinya jika memang penyebabnya kabel gas yang karat ada dua kemungkinan

1. Pertama ganti dengan kabel gas yang baru langsung tokcer dan tidak perlu diragukan lagi hasilnya
( :V ).

2. Kemungkinan yang kedua hal ini berlaku jika memang fisik dari kabel gas masih bisa dikatakan baik yaitu mengguyur kabel gas dengan cairan pelumas biasanya idokeren menggunakan cairan pelumas bensin dengan oli baru yang di campur jadi satu kemudian dimasukan kedalam selongsong kabel gas, Dengan catatan kabel selongsong masih bagus dan hasilny kabel gas lancar seperti baru lagi.

Cara yang kedua sebaiknya tidak usah di ikuti ya sob karena mungkin tidak akan bertahan lama, Sekitar  3 bulan kabel gas bisa kering lagi dan macet, Tetapi jika untuk sementara tidak apa apa sambil menunggu akhir bulan gajian baru diganti. harga kabel gas bervariasi ya sobat tergantung jenis motor berkisar 60 - 150 ribuan.

2. Kabel Gas Tertekuk

Kabel gas motor matik yang panjang kadang menjadi penyebab tidak lancarnya gerakan kawat gas didalam selongsong gas,  Oleh karena itu perhatikan jalur penempatan kabel gas yang sudah di sediakan oleh pabrikan jangan asal menempatkan bisa bisa jika tertekuk gas meraung karena tidak bisa turun disebabkan kabel gas tertekuk

3. Setalan kabel Gas Tidak Tepat

Setalan kabel Gas Tidak Tepat
Setalan kabel Gas Tidak Tepat
Bagi kabel gas yang masih menggunakan setelan diatasnya bisa saja setelan kabel gas terlalu rapat atau tidak menyisakan speling gas pada grip gas.

Apa yang di maksud speling grip gas ?

Speling grip gas atau jarak main grip gas biasanya jika anda memegang grip gas maka ada jarak main bebas grip gas nah itulah yang di anggap speling grip gas jika terlalu padat dan tidak ada jarak main grip gas, kadang grip gas di tarik sedikit saja sudah mau jalan motornya memang hal ini tergantung mood si pengendara untuk merasakan enaknya apakah perlu jarak main atau tidak

Saran saya lebih baik berikan jarak main grip gas agar aman bisa saja motor anda di naiki oleh selain anda misal istri , teman atau anak kan bisa berbahaya jadinya.

4. Choke Automatis Error

Choke Automatis Error
Choke Automatis Error


Hal ini banyak terjadi pada motor matik karena motor matik  menggunakan choke automatis penyebab gas motor matic tidak stabil juga bisa di sebabkan choke yang mulai error, untuk mendeteksi hal ini jika motor matik anda pada saat pertama kali dihidupkan maka yang normalnya adalah gas besar sendiri atau  bergerung tinggi diawal saat pertamakali di hidupkan kemudian turn dan normal kembali, ini adalah perilaku normal pada motor matik

Tetapi jika motor matik di hidupkan pertama kali tetapi gas tidak naik atau bergerung maka bisa jadi choke automatis anda mulai rusak.

Solusinya adalah mengganti dengan yang baru.

Jika pada motor lama yang choke nya masih manual biasanya hal yang sering terjadi adalah lupa menaikan kabel choke keposisi semula ( :V ). nah jangan sampai lupa ya sob.

5. Motor Belum di Reset

tool reset injection
tool reset injection
hal ini berdasarkan pengalam sendiri ketika seseoarang yang belum paham motor tiba tiba service motornya sendiri dan membongkar throtle body injector kemudian memasangnya kembali tanpa melakukan reset system injection maka motornya akan menyala tetapi tidak normal, akibatnya gasnya naik kadang gasnya turun.

Kalo masalah yang satu ini harus diserahkan ke bengkel yang sudah punya alat reset injection dan memang tidak sembarangan untuk melakukan service injection secara mandiri jika hanya anda mempunyai tool reset motor injection atau paham cara reset manual tapi hanya beberapa merek motor yang bisa di lakukan reset manual salah satunya adalah sepeda motor honda.

Baca Juga : Reset ECU / ECM TP dan Seting Altitude Motor Honda Manual

Jika tidak punya lebih baik serahkan ke bengkel resmi terdekat.

6. Skep Macet 

Skep Macet Karburator Macet
Skep Macet Karburator Macet
Motor yang masih menggunakan karburator mempunyai skep untuk membuka dan menutup aliran bahan bakar, yang membuat gas kadang naik adalah karena skep bisa naik keatas saat di tarik tetapi tidak bisa turun atau macet karena perubahan rumah skep yang sudah tidak normal  

Penyebab perubahan rumah skep ini bisa di sebabkan banyak hal salah satunya adalah pengencangan karburator dengan intake manifold yang terlalu kencang sehingga menyebabkan perubahan terhadap rumah skep dan ini terjadi pada karburator yang sudah berumur.

Badan skep karburator sudah luka atau aus sehingga menyebabkan kebocoran aliran bahan bakar sehingga gas tidak stabil dan cenderung naik tidak bisa langsam rendah.

Selian skep, Per skep juga bisa menjadi penyebabnya nih sob per skep yang terlalu lemah membuat skep tidak kembali menutup pada saat gas di lepas pada intinya ya memang jika barang sudah lawas biasanya minta jajan sob minta ganti yaang baru.

Sobat itulah penyebab penyebab gas motor naik sendiri yang bisa anda ketahui semoga dengan adanya informasi ini sobat keren bertambah pengetahuan di bidang otomotif - idokeren.com
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini