Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Penyebab Stang Motor Bergetar Dan Cara Memeriksanya

Idokeren.com – Banyak sekali masalah yang sering terjadi pada motor mulai dari busi yang cepat mati, rantai yang kendor sampai stang yang bergetar atau goyang.

Stang motor adalah komponen luar motor yang sangat penting peranannya untuk mengendalikan arah motor. Jika, ada diantara sobat ada yang mengalami stang bergetar atau goyang maka cepat-cepatlah cari penyebabnya dan hindari untuk langsung ke bengkel.

Penyebab Stang Motor Bergetar Dan Cara Memeriksanya

Hal paling utama dilakukan jika stang bergetar atau bergoyang adalah perhatikan perawatan yang sobat lakukan pada stang motor dan ingatlah kembali apakah motor pernah jatuh atau tabrakan sebelumnya ? Jika kedua hal ini bertentang sekali sebagai penyebab stang motor bergetar atau bergoyang maka solusinya ada di artikel ini,…

Penyebab Stang Motor Bergetar Dan Cara Memeriksanya

Penyebab pertama yang harus kalian ketahui adalah penyebab dan cara memeriksa jika motor sobat pernah jatuh atau tertabrak adalah :


Rusaknya Shockbreker

Penyebab pertama yang pasti terjadi ketika stang motor bergetar atau goyang adalah karena motor pernah jatuh atau mengalami tabrakan sebelumnya. Dan efek dari kejadian itu, rusaknya shockbreker yang tidak akan lurus seperti biasanya. Selain itu, Penyebab lain dari rusakanya shockbreker juga bisa karena karet bantalan shockbreker tidak rapat.

Karena fungsi shockbreker adalah meredam kejutan dari motor akibat jalan yang dilalui tidak rata atau bergelombang, maka terjadilah stang yang mulai bergetar. Dan cara yang paling cepat untuk mengatasinya adalah membawa motor kalian ke bengkel. Karena ini bukanlah komponen yang bisa sobat perbaiki sendiri, Kecuali mereka yang sudah terbiasa atau mengerti struktur motor.


Velg Motor Bengkok / Retak

Penyebab lain dari stang bergetar atau bergoyang adalah velg motor yang bengkok atau retak. Penyebabnya adalah motor pernah tabrakan, jatuh atau hal lainnya. Seperti motor yang sering melewati jalan berlubang atau bergelombang.

Cara memeriksanya adalah dengan menggunakan standar dua, kemudian putar ban dari kecepatan rendah sampai cepat dan lihatlah Gerakan roda motor. Jika ada bagian yang goyang berarti velg itu telah bengkok dan untuk velg yang retak ada baiknya diganti dengan yang baru.

Periksa Kondisi Ban Motor

Setelah shockbreker dan velg yang rusak, ada beberapa lagi penyebab dari stang yang bergetar atau bergoyang dan salah satunya adalah ban motor. Kenapa bisa ban motor ?

Karena permukaan ban yang tidak rata dan tekanan angin yang tidak sesuai ukrannya bisa membuat stang motor menjadi tidak stabil, bergetar dan bergoyang. Kalau dirasa tidak ada yang bermasalah di kedua hal itu, cobalah untuk memeriksa ban motor apakah terdapat benjolan.

Cara memeriksa ban motor yang paling mudah adalah dengan melepas ban dan mengeluarkan ban bagian dalam. Jika kalian ingin mencobanya di rumah bisa saja, dengan menyiapan beberapa alat seperti obeng, mur dan yang paling dibutuhkan adalah pompa angin.

Periksa Bearing Roda/ Laher

Umumya bearing roda menjadi penyebab stang motor bergetar atau bergoyang adalah karena usia bearing yang sudah tua atau laher pernah kemasukan air. Dan tidak hanya itu sob, periksa juga bagian bantalan peluru pada bearing roda.

Jika ada bantalan peluru yang pecah, rusak dan oblak ada baiknya di ganti. Karena ini terjadi akibat motor yang sering melewati atau masuk lobang yang tidak sadari dan akibatnya pecahnya bantalan peluru pada bearing roda.

Cara memeriksa bearing yang rusak itu cukup dengan menstandar dua motor kemudian goyangkan roda ke kanan dan kiri. Sobat juga bisa, memriksanya tanpa menstandar dua, dan jika terasa oblak/ goyang berarti bearing roda harus diganti.

Periksa Segitiga Dudukan Stang

Segitiga dudukan berfungsi sebagai penghubung antara stang dan shockbreker, jadi jika shockbreker bermasalah maka segitiga dudukan ini juga harus diperiksa. Kerusakan yang terjadi pada segitiga dudukan ini umumnya karena ketidak sejajarannya garpu dudukan sebelah kiri dan kanan.

Untuk memeriksanya, cukup dengan meletakan dudukan stang pada tempat yang rata atau datar. Jika terjadi ketidak sejajaran bahkan ketika mengukur menggunakan fuller ada baikknya bawa segitiga dudukan ini ke tempat press untuk diperbaiki. Karena jujur, kerusakan segitiga dudukan ini bukan hal yang mudah untuk diperbaiki karena membutuhkan alat press.

Kerusakan Komstir

Dan yang terkahir ada kerusakan komstrir, karena komstir itu berperan sebagai pengendali maka sesegeralah menggantinya jika terjadi kerusakan seperti mangkuk- mangkuk dan bola-bola pada komstir yang mulai haus.


Sebetulnya komstir bukanlah sparepart yang sering rusak dan bisa bertahan lama. Jadi, tidak ada salahnya kalian pergi ke bengkel dan memperbaikinya dengan membeli komstir yang baru. Dan ketahuilah kerusakan yang terjadi itu bisa diatasi dengan sobat memperhatikan gejala yang timbul ketika komstir mulia rusak.

Gejala paling umum adalah stir terasa berat ketika di kendarai terutama pada saat berbelok dan jika sudah parah stang akan bergoyang tidak stabil.

Kesimpulannya jika sobat sudah membaca artikel ini sampai akhir dan paham. Maka lakukanlah pemeriksaan sejak dini pada motor kalian. Karena ini sangat berpengaruh kepada keselamatan kalian dan orang sekitar.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir sobat… sampai jumpa lagi..

Writer : Revina Martin

idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini