Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Fakta Menarik Tentang Crumple Zone dan Cara Kerjanya

Idokeren.com – Crumple zone adalah sebuah fitur keamanan pada mobil yang biasa digunakan untuk menyerap atau meredam yang terjadi akibat tabrakan dengan mengendalikan deformasi. Dan deformasi ini sebagai dampak perubahan badan mobil yang semula mulus menjadi hancur/ringsek.

Memang mobil keluaran tahun 80 dan 90 an lumayan tahan akan benturan, tapi mobil-mobil keluaran sekarang pun mempunyai alasan tersendiri. Mengapa mobil dibiarkan hancur dan jangan pernah menilai sebuah produk itu jelek. Sebab faktanya, bagian itu sengaja dibuat hancur sebagai penyelamatkan supir, penumpang dan pengguna jalan.

Fakta Menarik Tentang Crumple Zone dan Cara Kerjanya

Untuk kalian yang butuh fakta, mengapa disebuah mobil harus ada crumple zone ? seperti apa cara kerjanya ? dan apakah crumple zone pelindung penuh untuk menjamin keselamatan ?

Nah, untuk kalian yang masih berfikir fitur ini jelek dan tak berguna. Maka artikel ini harus pake wajib, kalian baca sampai akhir sob..

Fakta Menarik Tentang Crumple Zone dan Cara Kerjanya

1. Cara Kerja dan Letak Crumple Zone

Konsep crumple zone pertama kali diperkenalkan dan diterapkan oleh Insinyur Béla Barényi pada mobil Mercedes-Benz ditahun 50 an. Pada saat itu, konsep ini lebih banyak dipakai pada kereta api dan belum terlalu banyak mobil menggunakan konsep ini.

Tetapi setelah tahun 2000 an, mulai banyak mobil yang mengusung konsep ini karena beberapa faktor. Dan untuk cara kerja dari crumple zone ini cukup unik dan menarik, ketika terjadi benturan pada mobil akibat kecelakaan dan tabrakan seperti pada tiang listrik, tembok atau manusia.

Benturan ini akan diredam dan dialihkan ke bagian lain mobil yang disebut crumple zone sehingga penumpang dan supir akan selamat. Itulah sebab, mengapa ketika terjadi tabrakan bagian dalam mobil akan aman dan bodi mobil akan hancur atau penyok.

Dan untuk letaknya crumple zone setiap pabrikan mobil itu berbeda-beda sob. Tapi, umumnya crumple zone ada pada bagian depan, belakang, dudukan mesin dan trnsmisi. Dengan adnaya fitur ini, mesin dan transmisi tidak akan terdorong ketika terjadi benturan dari depan dan belakang.


2. Faktor Mekanik dan Rancangan

Sebrtulnya sebuah mobil bisa saja tidak di pasang crumple zone tetapi ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan mekanik sebuah pabrikan yaitu rancangan. Mekanik hanya akan membuat dan memberi masukan, sedangkan yang menetukan semua hal hingga terwujudnya 1 buah mobil adalah pabrik.

Jadi, crumple zone ini terbuat dari bermacam-macam bahan seperti alumunium, carbon fiber dan material lainnya. Desain bahan ini dibuat karena konsumen sekarang mengingginkan ukuran mobilnya tidak terlalu besar, rangkanya bagus dan yang pasti mobil tidak berat. Walaupun ada beberapa mobil yang tetap berat dan besar tetapi masih menggunakan crumple zone.

3. Keseimbangan

Selain rancangan, faktor lain yang harus diperhatikan adalah keseimbangan. Jadi, efek keseimbangan itu sangatlah berpengaruh terutama ketika mobil mengalami tabrakan. Seberapa besar tabrakan yang akan diterima dan seberapa cepat crumple zone akan menyerapnya sehingga benturan tidak akan merusak komponen lain pada mobil terutama ruang kabin.


4. Alat pendukung Crumple Zone

Meski dirancang dan dibuat untuk meminimalisir kecelakaan akibat tabrakan. Ternyata crumple zone masih membutuhkan beberapa keamanan pasif.

Yang dimaksud keamanan pasif adalah keamanan yang akan berkeja ketika kendaraan mengalami kondisi yang tiba-tiba bisa mengancam keamanan pengemudi dan penumpang. Seperti :

a. Sabuk Pengaman

Setiap kendaraan pasti wajib dilengkapi sabuk pengaman. Jadi, hubungan antara crumple zone dengan sabuk pengaman yaitu untuk mencegah penumpang terlampar kedepan disaat terjadi tabrakan.

b. Air Bag / Kantung Udara


Dikesempatan sebelumnya, idokeren pernah membahas apa itu air bag. Penggunaan dari sabuk pengaman dan air bag akan menambah keamanan dan keselamatan kalian sebagai penumpang dan pengendara sob.

Jika, suatu saat air bag tidak berfungsi setidaknya ada sabuk pengaman yang meminimalisir keselamatan. Walaupun belum maksimal sob.

Kesimpulan dari artikel hari ini adalah crumple zone ada untuk menjaga keamanan dan keselamatan pengguna mobil. Jadi, jangan pernah bilang bahwa mobil yang mudah hancur bagian bodi mobilnya akibat tabrakan itu jelek sob. Tetapi memang sengaja dibuat seperti itu.

Tapi, bukan berarti kalian bisa menyalahkan crumple zone dan pabrikan jika memang kalian sembarangan dalam mengendarai mobil. Itu masalah yang beda penangganannya lagi sob, jadi perhatikanlah kecepatan mobil kalian jika ingin selamat.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir sob… sampai jumpa lagiiee…

Writer : Revina Martin

idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini