Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Penyebab Pintu Mobil Sulit Ditutup dan Cara Merawatnya

Idokeren.com – Sebetulnya tidak sulit mencari penyebab dan solusi dari pintu mobil yang sulit ditutup. Salah satu penyebab yang paling umum terjadi adalah umur mobil yang sudah tua. Kalau mobil sudah tua memang performanya akan menurun dan beberapa komponen harus diganti.

Perawatan mobil ada untuk mencegah supaya umur sebuah mobil dan komponennya bisa bertahan sedikit lebih lama dari perkiraan. Nah, sulitnya pintu mobil ketika ditutup ini menjadi permasalahan yang jarang tetapi akibatnya sangat besar.

Penyebab Pintu Mobil Sulit Ditutup dan Cara Merawatnya

Kasus yang sering terjadi adalah pintu mobil seolah-olah mental ketika ditutup dan ada juga yang terbuka lagi ketika ditutup. Kalau sudah seperti ini, ketahuilah penyebabnya kemudian cari solusinya. Apa pembahasan artikel ini dijamin lengkap ?

Jawabannya, hanya sobat yang bisa menilai. Jadi, bacalah artikel ini sampai akhir supaya pertanyaan kalian terjawab.

Penyebab Pintu Mobil Sulit Ditutup

1. Periksa karet pintu Mobil

Penyebab pertama, pintu mobil sulit ditutup adalah karet mobil yang sudah menua. Gejala yang paling terlihat ketika karet mobil seudah menua adalah semakin mengerasnya dan mengendurnya karet. Tetapi itu semua tergantung dari peletakkan karet pada mobil.

Dan yang paling penting, usia sebuah karet bisa saja tidak sama dengan kondisi mobil saat itu. Contohnya, bisa saja mobil kalian baru berusia 3 tahun tetapi karet mobil harus diganti sebelumnya. Ini semua tergantung pada kalian memilih karet dengan kualitas apa ? dan seperti biasa sob, ada harga ada kualitas.


2. Kekuatan engsel pintu

Penyebab selanjutnya ada kekuatan engsel pintu yang mulai menurun. Kekuatan sebuah engsel menurun bisa karena 2 faktor yaitu karena engsel sudah tua dan cara menutup mobil yang tidak benar.

Kalau engsel sudah tua, kalian tidak ada pilihan lain untuk menggantinya dan memang sudah waktunya diganti. Tetapi pergantian engsel karena cara menutup mobil yang tidak benar itu sebetulnya sangata diasayangkan. Pencegahan yang bisa dilakuakan supaya engsel bertambah umur adalah dengan merawatnya seperti memebari pelumas pada engsel atau menghindari rembesan air untuk masuk ke dalam engsel pintu.

3. Pengait pintu mobil

Penyebab yang ketiga adalah pengait pintu mobil. Permasalahan ini tidak jauh berbeda dengan engsel mobil karena mereka saling terikat. Jika kalian, bermasalah dengan pengait pintu mobil maka engsel mobil juga harus diperiksa.

Cara Merawat Pintu Mobil

Setelah mengetahui penyebabnya, maka tidak akan lengkap tanpa cara merawatnya. Diatas tadi sudah ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan, seperti menutup mobil dengan benar atau memberi pelumas pada engsel dan pengait pintu mobil.


Tetapi, dibawah ini ada beberapa cara yang jarang kalian perhatikan tetapi bisa menjadi cara dari penyebab pintu mobil menjadi sulit ditutup:


1. Hindari menyentuh karet mobil

Ini terlihat dan terdengar aneh, tetapi bisa menjadi cara untuk menghindari kerusakan pada karet mobil. Karena dengan menyentuh karet mobil itu bisa menyebankan karet mobil tergores, robek dan bahkan bisa terlepas.

2. Bersihkan Karet Mobil

Nah, supaya engsel dan pengait tidak terkena air maka cara yang paling mudah adalah dengan membersihkan karet mobil dengan lap halus, kuas keci atau kanebo yang sudah diberi air.

Karena kotoran yang berada di karet mobil bisa menganggu kinerja dan fungsi dari karet mobil. Dan jika kalian sepelekan, bukan tidak mungkin karet akan using secara perlahan dan rusak.

3. Hindari dari terik matahari

Seperti karet pada umumnya, kelamahan dari karet adalah panas. Selain tidak baik untuk karet mobil ternyata terik matahari juga bisa merusak cat mobil kalian sob. Karet yang terus terkena terik matahari atau panas yangberlebih akan menjadi karet tertutup perlahan dan menjadi keras.

Dan akibatnya, umur karet akan menjadi pendek. Maka, perhatikanlah tempat parkir bagi mobil anda dan hindari juga benturan pada pintu mobil ketika akan membuka pintu. Benturan tidak hanya akan merusak karet tetapi pintu mobil juga akan rusak sob.

Kesimpulannya, jika kalian belum pernah melihat karet mobil yang sudah menua atau rusak. Sobat semua, bisa mendatangi mentromini, angkot atau kopaja yang sudah tua. Percayalah, perawatan kecil pada mobil akan menambah umur dari mobil walaupun hanya sedikit.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir… semoga penjelasan ini bermanfaat dan sampai jumpa lagiee…

Writer : Revina Martin
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini