Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mengenal lebih jauh Fungsi VVT-i dalam Mesin Mobil

Idokeren.com – hai semuanya... saya harap sobat semua dalam keadaan sehat selalu mengingat kondisi wabah saat ini. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang fungsi dari VVTI dalam mesin mobil.

Bagi sobat penggemar mobil pasti tahu bahwa mobil – mobil terbaru keluaran Toyota sudah dibekali dengan mesin tertenaga VVT-i. Namun, apa sih sebenarnya fungsi atau arti dari VVT-i ini?

Mengenal lebih jauh Fungsi VVT-i dalam Mesin Mobil

 
Bagi sobat yang mempunyai mobil dengan mesin seperti ini pasti tau bahwa mesin ini lebih bertenaga. Jadi apa yang membuat mesin jenis ini lebih tertenaga? Dan lebih cepat? Perlu sobat ketahui bahwa mesin VVT-i ini menggantikan teknologi sebelumnya yaitu VVT, yang mana mulai di terapkan pada mobil keluaran terbaru pada tahun 1991.

Karena merupakan versi update, tentu saja mesin ini memiliki keunggulan dari pada versi lama. Maka dari itu kita akan membahas apa saja keunggulan dari VVT-i ini, simak berikut ini penjelasannya.


Apa itu VVT-i

Pertama – tama kita perlu mengetahui apa itu VVT-i. VVT-i adalah singkatan dari Variable Valve Timing-Intelligent. Teknologi terbaru toyota ini memiliki kempampuan untuk mengatur sistem kerja katup pemasukan bahan bakar (inteks) secara otomatis.

Dengan proses buka tutup yang berjalan dengan otomatis, hal ini tentu saja akan membuat proses masuknya bahan bakar ke penampungan mejadi lebih efisien. Dan hal ini juga akan membawa keuntungan seperti tenaga mesin lebih optimal, ramah lingkungan, dan lebih hemat bahan bakar.

Kemapuan seperti itu sangat berbeda dengan teknologi pengaturan katup sebelumnya yang masih belum menerapkan teknologi VVT-i. Pengaturan katup sebelumnya tidak berjalan dengan otomatis, akibatnya tidak jarang ketidaktepatan waktu pada saat proses buka tutup pemasukan bahan bakar, alhasil banyak bensin yang akan terbuang percuma.


Fungsi VVT-i

Setelah mengetahui apa itu VVT-i, selanjutnya kita juga harus mengetahui apa fungsi dari VVT-i ini. fungsi utama dari VVT-i adalah untuk mengatur waktu buka dan tutup katup masuk yang mana telah di desain sedemikian rupa sehingga akan mengikuti beban kerja dari mesin.

Seperti yang kita ketahui bahwa hal – hal otomatis tidak jauh – jauh dari komponen yang bernama ECU. Begitupun dengan VVT-i ini yang juga mengandalkan ECU (Electronic Control Unit) yang mana akan menyelaraskan perintahnya dengan putaran mesin, suhu pendingin, dan posisi throttle. Dengan pengaturan seperti ini, suplay bahan bakar dan udara yang di kelola oleh katup akan membuat proses pembakaran menjadi lebih sempurna.


Cara kerja VVT-i

Dengan kemapuan yang begitu penting, VVTI-i tentu saja tidak bergerak sendiri, namun di dukung oleh beberapa komponen mobil lainnya. Komponen pertama yaitu ECU (Electronic Control Unit) berfungsi untuk menghitung kecepatan waktu kinerja katup berdasarkan kondisi operasi mesin mobil.

Komponen kedua yang mendukung VVT-i ialah katup kontrol oli (OCV) yang mana bertugas untuk mengontro tekanan dari hidrolik. Dan komponen ketiga adalah katrol VVT-i yang mana akan secara konsisten mengubah timing katup menggunakan tekanan hindrlik.

Sistem dari VVT-i akan melakukan koreksi valve timing bahan bakar dan udara. Proses ini dilakukan dengan penyesuaian pada pijakan pedal gas dan beban yang ditanggung guna menghasilkan torsi optimal setiap perputaran dan beban mesin.

Baiklah sobat semuanya... di atas adalah beberapa informasi tentang teknologi VVT-i yang Toyota gunakan pada produk keluaran terbaru mereka. Saya berharap penjelasan di atas bermanfaat untuk sobat idokeren semua, sampai jumpa pada pembahasan menarik lainnya. – idokeren.com

Writer : Riski Rahmat H
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini