Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian dan Fungsi dari ISC (Idle Speed Control) Pada Mobil?

Idokeren.com – hai sobat semua... selamat datang di blog idokeren. Saya harap sobat semua dalah keadaan sehat selalu. Baiklah, pada kesempatan ini kita akan membahas salah satu sistem yang ada pada mobil yaitu ISC (Idle Speed Control).

Seperti yang kita semua ketahui bahwa teknologi semakin berkembang, sehingga tidak aneh jika bidang otomotif juga mengalami perkembangan yang cukup besar. Salah satu dari perkembangan tersebut adalah sistem Electronic Fuel Injection (EFI), yang mana kini telah dilengkapi dengan sistem Idle Speed Control (ISC).

Pengertian dan Fungsi dari  ISC (Idle Speed Control) Pada Mobil?

 sitem ini adalah pengatur elektronik yang akan menentukan RPM idle atay langsam. Dan juga, sistem ini memiliki peranan yang cukup luas dalah hal pengaturan mesin mobil. apakah sobat semua telah mengetahui sistem IDC ini? dan juga fungsinya?. jika belum, simak penjelasannya berikut ini!

Pengertian ISC (Idle Speed Control)

Idle speed control merupakan suatu rangkaian elektronik yang memeiliki tanggung jawab dalam mengatur jumlah udara yang akan melewati idle port saat katup gas berada dalam posisi tertutup.

Perlu sobat ketahui bahwa supaya mobil tidak mati secara tiba – tiba atau mendadak, mobil harus memiliki kecepatan putaran yang stabil. Maka dari itu, produsen mobil modern telah melengkapi mobil buatan mereka dengan sistem penyetelan idle speed control secara otomatis.

ISC ini digunakan untuk menggantikan sekrup idle speed model lama yang mana harus diatur secara manual. Akan tetapi dengan adanya sistem ISC, pengaturan tersebut dapat dilakukan secara otomatis.

Cara Kerja ISC (Idle Speed Control)

ISC mempunyai katub yang bertanggung jawab dalam membuka serta menutup saluran idle, hal ini bertujuan untuk mengatur jumlah udara yang masuk ke dalam intake dapat dikontrol.

Supaya ISC dapat melakukan perintah, ISC diatur oleh komponen yang bernama ECU. ECU dapat melakukan serangkaian perhitungan yang sistematis dengan bantuan dari berbagai sensor pada mobil yang saling berhubungan.

Dengan bantuan dari ECU ini, Proses buka tutup ISC dapat diprediksi. Jadi, ISC akan melakukan tugasnya secara otomatis tanpa bantuan pengemudi.

Fungsi ISC

Seperti yang telah disebutkan di awal tadi bahwa ISC befungsi untuk mengontrol jumlah udara yang masuk. Namun, ternyata masih banyak kegunaan dari ISC ini sobat, berikut fungsi – fungsi dari ISC.

- mengatur atau mengontrol banyak tidaknya udara yang masuk ke intake manifolda pada saat gas tidak ditekan dan juga pada saat katup throttle menutup.

- fungsi selanjutnya yaitu mengatur kecepatan langsam mesin pada saat AC dalam kondisi menyala (hidup) dan mati.

- selanjutnya adalah menyesuaikan kecepatan RPM langsam mesin pada tiap – tiap kondisi secara otomatis.

- ISC juga berfungsi untuk mengatur idle up mesin yang mana berhubungan langsung dengan kestabilan mobil. jika pengaturan ini tidak benar, maka akan mengakibatkan mesin bergetar sebab bebannya semakin meningkat.

- ISC meningkatkan perputaran dari mesin pada saat beban elktriknya meningkat. Contohnya : pada saat lampu sorot dihidupkan dengan kuat.

- ISC juga sangatlah mempengaruhi cepat lambatnya perputaran dari mesin. contohnya saja pada saat ECU membuka katup ISC yang mana akan meningkatkan perputaran mesin.

Baiklah sobat semua... di atas adalah pengertian dan juga fungsi dari ISC. Saya harap informasi di atas bermanfaat untuk sobat semua, dan juga sampai jumpa pada pembahasan menarik seputar dunia otomotif lainnya. – idokeren.com

Writer : Riski Rahmat H 
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini