Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Di Ri Sepi Pembeli, Sienta Buatan Karawang Laku Di Luar Negeri

Tahun 2018, menjadi tahun yang kurang mujur bagi MPV Sienta. Pasalnya sepanjang satu tahun, penjualan Sienta tercatat turun drastis. Setelah menjalani debutnya pada 2016, Sienta kian tak dilirik orang Indonesia. Sepi peminat di Indonesia tak berarti Sienta tak laku. Seperti diketahui Sienta yang diproduksi di pabrik Toyota Karawang juga dikirim ke luar negeri. 

Di Ri Sepi Pembeli, Sienta Buatan Karawang Laku Di Luar Negeri


Tercatat dalam data ekspor Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Sienta dikirim ke beberapa negara. Mulai dari Brunei Darussalam, Timor Timur, Malaysia, Singapura, sampai Thailand.

Sienta masuk ke dalam 10 besar kendaraan beroda empat berlabel 'Made in Indonesia' yang paling banyak dikirim ke luar negeri dengan duduk di daerah kesembilan.

Selama satu tahun 2018, sebanyak 8.267 Sienta dikirim ke negara-negara tersebut. Soal kendaraan beroda empat buatan Indonesia yang dikirim ke luar negeri, Sienta masih kalah dengan Toyota Fortuner, Avanza, Rush, Wigo alias Agya, Mitsubishi Xpander, dan sederet model lain.

Mobil bermodel kotak ibarat Sienta sempat diprediksi sepi peminat. Bukan dari Toyota, hal tersebut keluar dari Honda.

Honda diketahui mempunyai MPV berbentuk serupa dengan Sienta ialah Freed. Sayangnya Freed hanya bertahan delapan tahun berjualan di Indonesia seiring dengan penurunan penjualan dari tahun ke tahunnya.

Toyota sendiri memang mengakui penjualan Sienta menurun alasannya MPV tersebut bukanlah menjadi pilihan utama orang yang gres akan membeli mobil.

"Ternyata pembeli kendaraan beroda empat pertama prefer ke Avanza. Makara kini kita harus me-review positioning-nya. Tapi itu tidak ada problem toh Toyota Toyota juga. Makara Sienta nanti diarahkan untuk kendaraan beroda empat aksesori atau kendaraan beroda empat pengganti," sebut Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmy dikala peluncuran Avanza beberapa waktu lalu.

Post a Comment for "Di Ri Sepi Pembeli, Sienta Buatan Karawang Laku Di Luar Negeri"