Ganti Kampas Rem Depan Motor Nmax Dan Harga Kampas Depan

idokeren.com - Sobat keren kali ini kita akan membahas Cara Ganti Kampas Rem Depan Nmax, Pengereman sebagai salah satu fitur keamanan, penggunaan rem dan pemilihan kampas rem yang tepat sangat penting untuk menjaga keselamatan berkendara.  Tentu saja rem ori bawaan yamaha Nmax amat disarankan bagi kamu semua pecinta Yamaha Nmax.

Sobat keren dari berbagai pengalaman pengguna Yamaha Nmax  banyak yang mengatakan rem asli bawaan Yamaha Nmax cepat habis kampasnya. dalam hal ini idokeren sudah pernah membahasnya ya sobat silhakan baca di bawah  ini :


Maka dalam kesempatan ini idokeren.com akan memberikan tutorial bagaimana cara mengganti kampas rem depan nmax dengan sangat mudah unutk mengganti sendiri kampas rem Nmax kesayanganmu.

Sebelumnya sobat keren selalu di sarankan unutk menggunakan kampas rem depan Yamaha Nmax yang original  disamping kualitas bahannya yang bagus, harga termasuk terjangkau, mempunyai kualitas ketahanan yang lebih baik dari rem aftermarket  karena memang sudah di uji dari pabrikanya.

Kampas rem terbuat dari bahan  yang berkualitas tinggi untuk rem depan dan belakang, keunggulan rem Original ini adalah apabila digunakan untuk melakukan pengereman, kampas rem tidak menggores pada cakram, sehingga cakram tetap awet dan tidak beret atau tergores.

Sebagai pecinta Nmax dapat memilih menggunakan kampas rem original  Untuk pemakaian harian, ini sehingga sistem pengeremannya tetap terjamin dan respon lebih cepat, tanpa mengorbankan keawetan dan tentunya juga menjaga piringan cakram. 

Ingat, jangan anggap enteng masalah sistem pengereman, karena rem yang baik akan mendukung faktor keselamatan berkendara di jalan, apalagi bila kamu menggunakan kendaraan Yamaha Nmax dengan intensitas yang cukup tinggi, untuk pekerjaan semisal gojek online, atau karena kamu suka touring bersama teman-teman sejawat yang sama-sama suka melanglang buana ke tempat-tempat yang keren keren di pelosok negeri.

Ok sobat keren mari kita coba membongkar kampas depan nmax :

Persiapan alat dan bahan  :

# Kampas Rem Original Yamaha Nmax
# Kunci L bintang no 8
# Tang catut
# WD ( cairan anti karat ) jika di perlukan

Pertama Lepas Baut Caliper depan Nmax

Hal yang harus di lakukan adalah membuka baut L dengan kunci L bintang no 8, Sobat keren dapat menyemprotkan WD  terlebih dahulu di baut yang akan di lepas, jika tidak ada WD biasanya admin suka mengetuk perlahan baut L nya sampai beberapa kali denga  palu agar baut tidak susah di buka.

membuka baut L nmax dengan kunci L bintang no 8


Langkah Kedua :
Jika baut L 8 sudah terlepas maka tarik caliper kearah belakang sambil di goyang kekiri dan kekanan  sampai terlepas.

tarik caliper kearah belakang

Langkah Ketiga :
Jika caliper sudah terlepas maka di bagian bawah caliper ada 2 buah pengunci dispad kampas depan, Lepas kuncianya dengan menariknya cukup mudah jika sudah lihat bentuknya.

Lepas pengunci dispad


Langkah Keempat :
Setelah kuncian lepas kita dapat melepas kampas rem dengan mudah, lepas kampas rem , Bersihkan kotoran yang ada pada caliper dengan tekanan angin atau jika tidak ada dapat menggunakan sikat besi yang kecil yang seperti korek kuping ( hanya istilah ).   Setelah bersih dari kotoran dan debu tekan piston kedalam agar memudahkan pemasangan kampas baru nantinya.

Bersihkan caliper dan kotoran, tekan caliper kedalam


Langkah Kelima :
Setelah bersih pasang kampas yang baru. Saat memasang pasang kampas jangan sampai terbalik antara kampas yang dalam dan kampas yang luar bisa lihat gambar.

Kampas depan Nmax


Lakukan pemasangan kampas setelah terlebih dahulu menekan piston kedalam agar memudahkan pemsangan ya sobat keren .

pasang kampas depan nmax


Langkah Keenam :
Pasang Kembali kampas seperti semula seperti pada awal melepas caliper, Sobat keren pasang juga pengunci kamapas yagn dilepas jangan sampai lupa. Kemudian pasang baut L bintang sampai kencang ya sobat dengan kunci Bintagn L 8.


Ok sobat itulah langkah pemasangan  cara mudah ganti kampas rem depan nmax .

Cara Membedakan Kampas Rem Original Vs KW

Membedakan kampas original atau KW gampang gampang mudah ya sobat keren, Bagi yang sudah terbiasa di dunia otomotif jelaslah sangat mudah tetapi bagi anda yang awam tentunya akan sangat sulit sekali tetapi mungkin anda bisa mengikuti saran yang idokeren.com  berikan :

1. Melihat Tampilan Pembungkus
Biasanya barang yang original selalu mempunyai hologram yang menunjukan identitas dari merek pabrikan , Pembungkus original mempunyai bahan yang bisa di bilang tebal dan susah plenyak - plenyok  dan kulitas bagus. Yup sobat keren pabrikan mengutamakan tampilan dan kulitas.

Sobat keren bi samelihat label identitas dimaan jika label identitas yang asli lebih  jelas hitam dan bagus sedangkan label identitas part KW warnany alebih buram

part asli warnanya lebih jelas dan hitam part KW buram


2. Harga Berbeda jauh 
Sobat keren ada pepatah mengatakan harga tidak pernah bohong, Yups betuls sekali harga tidak pernah bohong yang original pasti di banderol mahal sekitar 75.000 ribu sedangkan yang KW bisa didapat dengan harga 30 - 40 ribu harga yang jauh kan sobat kadang kita suka tergiur dengan harga yang jauh lebih murah  ini ( : V ). termasuk admin.

3. Bedakan Warna Besi Kampas
Banyak referensi di internet menyatakan jika warna besi kampas depan Nmax Original berwarna HITAM sedangkan yang KW berwarna SILVER  sobat bis alihat gamabr di bawah ini.

Warna Besi Kampas kw dan original

Efek Menggunakan Kampas Rem Palsu

Sobat keren menggunakan kampas yang tidak original selain tidak aman saat berkendara tetapi juga  mempunyai efek samping  diantaranya :

  • Pengereman tidak pakem licin
  • Menimbulkan suara kasar dan aneh saaat mengerem
  • Dapat merusak disbrake karena bahan yagn di gunakan keras.

Ok sobat keren selain kampas Yang tidak kalah penting adalah, selalu melakukan pengecekan sistem pengereman motor anda, rawat dengan baik, periksa minyak rem, tekanan angin ban,  kampas dan hal-hal yang mendukung lainnya.

Demikian ulasan tentang cara memasang kamaps rem depan nmax semoga bermanfata buat sobat keren terimakasih - idokeren.com 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel