Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Perawatan Kelistrikan Pada Motor Matik

Idokeren.com – saya rasa kebanyakan dari para sahabat idokeren semua pasti memiliki dan menggunakan motor matik sebagai kendaraan utama. Sebagai pengendara motor matik, sobat juga perlu mengetahui bagaimana cara untuk memelihara sistem kelistrikan pada motor matic , yang mana merupakan rangkaian utama pada skutik masa kini.

Cara Perawatan Kelistrikan Pada Motor Matik

pada saat ini, jenis kendaraan motor matic seperti sekuter matic merupakan kendaraan roda dua yang diidolakan oleh banyak orang. 

Hal ini disebabkan oleh kepraktisan, fleksibel, dan efisiensi tinggi dari sekuter matic memberikan manfaat secara fungsional sebagai kendaraan utama dalam bepergian bagi sebagian besar orang.

Karena banyaknya sekuter matik stau skutik yang beredar, jenisnya-pun sangat beragam mulai dari kelas pemula, kemudian kelas menengah, dan sampai pada kelas premium dengan harganya yang mahal.

Dibalik semua kelas – kelas tersebut, motor matik memiliki poin utama yaitu sistem kelistrikannya. Yang mana sistem ini merupakan pusat kinerja dari motor matic.

Karena menjadi poin utama, jika terjadi suatu masalah pada sistem kelistrikannya, maka dapat dipastikan akan membuat performa pada motor sangat terganggu.

Oleh sebab itu, kita memerlukan suatu langkah perawatan yang tepat, Yaitu perawatan pada sistem kelistrikan motor matik. Baik, tanpa berlama – lama lagi... simak penjelasan berikut...

Perawatan Sistem Kelistrikan Motor Matic

Seperti yang kita tahu bahwa sebagai Sebagai kendaraan yang hampir semuanya serba otomatis, kita tentunya memerlukan perawatan pada rangkaian sistem kelistrikan motor matik. Berikut pembahasannya...

Memastika Generator (spull) dalam kondisi normal

Spull merupakan suatu komponen kelistrikan motor yang sangat penting, karena fungsi dari spull adalah sebagai penghasil energi listrik dengan cara mengubah energi mekanik menjadi energi listrik dan kemudian akan menyalurkannya ke komponen lain.

biasanya, arus pertama yang dihasilkan (keluarkan) oleh spull masih berupa arus AC (bolak - balik). Kemudian arus ini akan diubah dari AC menjadi arus DC dengan bantuan kiprok, yang mana nantinya akan disalurkan untuk menyuplai arus ke komponen motor lainnya.

Dari penjelasan di atas kita dapat memastikan bahwa spull merupakan komponen yang sangat penting, sehingga membutuhkan perawatan yg tepat.

Salah satu cara yang dapat sobat lakukan untuk merawat spull adalah dengan cara menjaga atau mencegah spull tidak hangus dikaenakan suhu mesin motor yang tinggi.

Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu menjaga kondisi oli supaya dapat melumasi semua komponen mesin sekaligus menjaga agar suhu tetap stabil.

Mengecek kondisi Kiprok

Sebagai salah satu dari komponen kelistrikan motor, tentu saja kita tidak dapat mengabaikan kiprok.

Kita telah menyingung fungsi dari kiprok ini pada penjelasan sebelumnya, yaitu sebagai komponen yang berfungsi untuk mengubah arus AC (bolak balik) yang dihasilkan oleh spull dan kemudian mengubahnya ke arus DC (searah).

Arus yang telah di ubah tersebut kemudian akan di salurkan kepada komponen motor yang membutuhkan arus listrik seperti : lampu, klakson, sein dan komponen lainnya. Jika terjadi kerusakan pada kiprok, maka aki motor-pun akan ikut bermasalah.

bahkan jika komponen regulator ini mengalami kendala pada sistem kerjanya, hal ini akan sangat mempengaruhi cepat putusnya beberapa lampu, karena arus yang diterima sangat-lah tinggi dan tidak stabil.

Oleh sebab itu, sobat perlu untuk rutin melakukan pengecekan pada kiprok yang ada pada motor matik, untuk mencegah terjadinya masalah pada aki dan masalah pada lampu – lampu motor yang disebabkan oleh arus yg dikeluarkan atau disuplai.

Mengecek kondisi Aki

Sama halnya seperti komponen – kompenen seperti sebelumnya, aki memiliki peran yang sangat penting dalam sistem kelistrikan motor matik.

Fungsi dari aki adalah sebagai penyimpanan energi listrik yang telah disuplai oleh generator (spull).

Secara mekanisme, aki akan mendapatkan suplai energi listrik yang keluarkan oleh spull dan kiprok secara sambung menyambung dalam kondisi mesin motor hidup.

Hal yang dapat sobat lakukan untuk merawat aki adalah pertama periksa jenis aki sobat. Jika sobat memiliki aki kering, sobat hanya perlu mengganti aki tersebut selama dua tahun pemakaian. Sedangkan, jika sobat memiliki jenis aki basah, sobat harus rutin untuk memeriksa kondisi dari air accu supaya volumenya tetap dalam batas indikator.

Memeriksa kabel bodi

Dalam sistem kelistrikan, tentu saja kita membutuhkan kabel untuk menyalurkan arus listrik. Oleh karena itu, sobat perlu melakukan perawatan pada kompoenen ini supaya kabel tetap dalam kondisi prima.

Seiring bertambahnya usia penggunaan motor, kondisi kabel pada rangkaian sistem kelistrikan akan menurun kualitas.

Oleh sebab itu, sobat sangat disarankan untuk selalu melakukan pemeriksaan pada setiap pembungkus, sambungan, dan soket –soket pada kabel.

Jika sobat menemukan kabel dalam kondisi mulai mengelupas, mudah robek, maka jangan tunggu berlama – lama.

Segera ganti kabel dengan tipe / merk yang sesuai dengan motor sobat. Dengan melakukan hal ini, sobat juga meminimalisir kemungkinan terjadinya konsleting karena pembungkus kabel yang telah mulai terkupas.

Melakukan Service rutin khusus Kelistrikan

Sobat mungkin rutin melakukan service rutin untuk pengecekan permesinan, namun sangat disarankan juga untuk melakukan serivce khusus sistem kelistrikan.

Hal tersebut sangat disarankan juga karena motor matik memiliki mekanisme kerja yang sebagian besar diolah oleh sistem operasi pada sistem kelistrikannya.

Karena hal itu, sobat jangan ragu - ragu untuk memeriksakan motor matik sobat ke bengkel khusus kelistrikan supaya bisa dilakukan pemeriksaan secara mendetail.

Dengan melakukan hal ini, jika ditemukannya kerusakan maka, bisa dengan segera diperbaiki untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komepenen kelistrikan yang lain.

Sekian pembahasan kita tentang bagaimana cara merawat sistem kelistrikan pada motor matik, saya berharap sobat idokeren semua menerapkannya.- idokeren.com

Writer : Riski Rahmat H
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini