Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Onderdil Motor Matic yang Harus Diganti secara Berkala

Idokeren.com – hai semua sobat setia idokeren... jumpa lagi pada blog informasi seputar dunia otomotif. Pada kesempatan kali ini, topik kita adalah mengenai onderdil (suku cadang) motor matic apa saja yang harus dilakukan penggantian secara rutin. 

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa motor matic memang banyak digemari oleh banyak pengendara roda dua.Bagaimana tidak, motor matic memberikan manfaat yang sangat cocok dengan kegemaran banyak pengendara yaitu kepraktisan dan efisiensi saat berkendara.

Onderdil Motor Matic yang Harus Diganti secara Berkala

Walaupun dengan kemudahan tersebut, sobat semua tidak boleh serta merta asal – asalan dalam mengendarainya. Maksudnya adalah sobat perlu melakukan perawatan pada motor tersebut supaya kondisinya tetap dalam keadaan prima.

Salah satu yang wajib dilakukan adalah service rutin yang mana pasti sobat semua telah mengetahui hal tersebut. Namun selain service rutin, sobat perlu mengetahui komponen apa saja yang memerlukan penggantian secara berkala.

Perlu sobat ketahui sebelumnya bahwa beberapa sparepart motor matic memiliki masa pakai dan memerlukan penggantian. Walaupun jika sobat perhatikan komponen tesebut masih normal atau bisa digunakan

Penggantian sparepart motor matic ini pada umumnya harus diganti pada saat mencapai waktu tertentu. Yang mana, waktu ideal untuk melakukan penggantian adalah selama 5 tahun.

Karena alasan tersebut, pada kali ini kita akan membahas lebih detail mengenai beberapa sparepart motor matic yang memerlukan penggantian ketika mencapai masa pakai. Tanpa berlama – lama lagi, simak semua pembahasan berikut ini.

Komponen Motor Matic yang Memerlukan penggantian secara Berkala

Melakukan penggantian sparepart merupakan salah satu hal yang perlu sobat lakukan untuk merawat motor matic favorit sobat tentunya. Nah, apa saja sparepart yang perlu diganti? Berikut penjelasannya.

Ban Motor Matic

Komponen pertama yang memerlukan penggantian secara rutin adalah ban motor itu sendiri.

Ban sendiri merupakan komponen yang mana masa pakainya cukup lama, sehingga penggantiannya termasuk cukup lama juga dari pada komponen lainnya.

Walaupun begitu, sebagai komponen yang mana sangat berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan dalam berkendara, sobat sangat disarankan untuk melakukan penggantian ban secara berkala.

Untuk penggntian ban, sobat sebisa mungkin untuk menghindari melakukan penggantian ban hanya pada saat permukaan ban telah rata atau botak. jika tidak, hal ini dapat menyebabkan sobat tergelincir pada saat melewati jalan yang licin.


Hal ini memang terlihat sepele, namun sobat sebaiknya melakukan penggantian rutin pada ban motor sobat. Sebagai pengingat, sobat sebaiknya melakukan penggantian setiap satu tahun sekali atau jika sobat merasa permukaan ban sudah mulai rata.

Dan pada saat melakukan penggantian, sebisa mungkin untuk menggunakan ban dengan kualitas yang bagus. Akan lebih baik jika sobat memakai ban tubeless yang mana jauh lebih aman dan efektif.

Penggantian Busi

Sebagai komponen vital dalam proses pembakaran motor, busi merupakan salah satu dari sekian banyak sparepart motor yang memerlukan penggantian secara rutin.

Busi sendiri sangat penting, karena pada kondisi normal busi tentu saja akan sangat berpengaruh atau memiliki dampak dalam proses kinerja mesin motor. Hal ini disebabakan karena peranan busi sebagai komponen utama dalam proses pembakaran motor matic.

Tugas utama dari komponen ini adalah befungsi untuk memercikan api atau melakukan pembakaran. Pembakaran yang dilakukan adalah dengan mencampurkan bahan bakar dengan udara.

  
Nah, untuk itu sobat perlu melakukan penggantian busi dengan tepat. Biasanya pabrikan merekomendasikan penggantian busi ketika motor telah menempuh jarak 20.000 km.

Namun, jangka waktu tersebut hanya berlaku untuk busi dengan kondisi normal. Tetapi jika busi pada motor matic sobat mengalami masalah atau kerusakan, maka sobat harus segera melakukan penggantian busi dengan yang baru.

Oleh sebab itu, sebaiknya sobat selalu melakukan pengecekan busi secara berkala. Jika sobat merasa motor matic sobat terasa mandet ketika dijalankan, ini dapat menjadi indikasi bahwa busi pada motor sobat mengalami masalah.

Kampas Rem

Komponen selanjutnya yang memerlukan penggantian secara rutin pada motor matic adalah kampas rem.

Kampas rem sendiri berfungsi untuk mengendalikan atau mengurangi kecepatan motor secara cepat pada saat sedang melaju kencang. Dengan begitu keselamatan sobat dan pengendara lainnya dapat dipastikan.

Komponen yang berpengaruh pada keselamatan tentu saja tidak boleh diabaikan, yang mana kualitas dari kampas rem yang sobat pakai haruslah berkualitas bagus. Dengan begitu sobat perlu untuk melakukan pengecekan kondisi kampas rem secara rutin.

  
Untuk waktu penggantiannya sendiri, sobat sangat disarankan untuk melakukan penggantian kampas rem setiap menginjak 4 bulan sekali. Akan tetapi jika intensitas pemakaian motor matic tidak tinggi, maka penggantian dapat dilakukan setiap 6 bulan sekali.

Sebagai pengingat penting, gantilah kampas rem sesuai dengan kondisinya. Jangan menunggu sampai kampas rem aus barulah melakukan penggantian. Karena, kemungkinan besar akan mengakibatkan piringan kampas rem semakin tipis.

Ganti Filter Udara

Hal selanjutnya yang perlu sobat perhatikan dan lakukan penggantian rutin adalah filter udara motor matic. Komponen ini sendiri memiliki masa pakai yang terbilang cukup pendek. Karena, usia pemakaian filter udara ini tentu saja dipengaruhi oleh intensitas penggunaan moto matic.

Hal ini bukanlah tanpa sebab, karena jika motor matic memiliki intensitas pemakaian yang cukup padat, maka akan mengakibatkan proses pembakaran dalam mesin menjadi lebih sering, yang mana akan menyebabkan banyak udara yang dibutuhkan untuk mendukungnya.


Nah, untuk masa penggantiannya, sobat disarankan untuk menggantinya setiap mencapai 5.000 km. Dan jangan lupa juga untuk memakai filter udara basah, karena lebih efektif dalam menyaring udara, sehingga kotoran yang masuk dapat diminimalisir.

Van Belt Motor Matic

Komponen lainnya yaitu Van Belt (v-belt) pada motor. Komponen ini juga memerlukan penggantian secara rutin supaya dapat bekerja secara optimal.

Fungsi dari v-belt sendiri adalah untuk menunjang performa kinerja mesin motor, terutama dalam hal menyuplai gerakan ke bagian roda melewati rantai motor.

  
Sama halnya seperti kampas rem, masa pakai v-belt tentu saja dipengaruhi oleh intensitas pemakaian motor.

Pada umumnya, penggantian v-belt ini tergantung pada penggantian dari filter udara, yang mana 2x penggantian filter udara sama dengan penggantian 1x v-belt. Atau cara lainnya adalah sobat dapat melakukan penggantian v-belt pada saat sobat mencapai jarak 25.000 km.


Aki motor matic

Seperti kita ketahui semua bahwa hampir seluruh sistem pada motor matic dikendalikan dengan sistem kelistrikan.

Dengan begitu, aki merupakan salah satu komponen yang sangat penting terkait dengan soal sistem kelistrikan motor. Karena fungsnya adalah berperan untuk menyuplai tenaga atau daya ke seluruh komponen motor, seperti lampu atau speedometer.

Untuk waktu penggantiannya sendiri, sobat dapat melakukannya setiap 2 sampai 3 tahun sekali. Namun, waktu tersebut dapat berubah suatu saat, tergantung kondisi dari aki pada motor sobat.


Jadi, jika sobat merasa ada tanda – tanda kerusakan pada aki meski belum mencapai 2 tahun, maka sobat harus segera melakukan penggantian dengan aki yang baru. Dan juga sangat disarankan untuk menggunakan aki basah karena lebih efektif dan efisien dalam menyulai daya.

Sekian pembahasan kita kali ini... di atas adalah beberapa sparepart yang perlu sobat lakukan penggantian secara berkala.

Baiklah... sebagai penutup saya ucapkan terimakasih telah membaca sampai akhir, saya harap informasi diatas bermanfaat untuk sahabat semuanya. Sampai jumpa pada pembahasan seputar dunia otomotif menarik lainnya. – idokeren.com

Writer :  Riski Rahmat H
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini