Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Penyebab Starter Motor Kadang Bisa Kadang Tidak

Idokeren.com – hai lagi sobat, kita bertemu lagi. Kali ini kita akan membahas masalah yang mana, mungkin para sahabat idokeren pasti menggangap-nya hal sepele.

Namu bagi para pengendara baru atau para pengendara “emak - emak” sebut saja begitu, hal ini merupakan semacam hal yang sangat menjengkelkan atau bahkan membuat mereka takut dalam membawa motor.

Hal ini mungkin akan baik – baik saja jika ada orang disekitar sehingga mereka dapat meminta bantuan, namun apa yang terjadi jika hal tersebut terjadi pada tempat sepi dan tidak ada orang yang dapat dimintai tolong ?, pasti bawannya ingin menangis.

Karena hal tersebut, idokeren akan membahas tentang apa sih yang menyebabkan starter motor kadang – kadang berfungsi dan kadang juga tidak.

Seperti biasa tanpa berlama – lama lagi mari kita simak pembahasan berikut.

Penyebab Starter Motor Kadang – Kadang Tidak berfungsi

Sebenarnya ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi mengapa starter kadang – kadang tidak berfungsi. Berikut beberapa hal yang mungkin merupakan penyebab dari hal tersebut.

Tombol Starter Bermasalah


Di dalam komponen tombol starter terdapat sebuah konektor. Sedikit informasi, kabel konektor berguna sebagai tempat penyambungan kabel – kabel pada sistem kelistrikan kendaraan bermotor, dll. 

Dalam jangka waktu yang lama konektor tersebut akan mengalami korosi (perkaratan pada besi) yang mengakibatkan konektor terhalang sehingga membuat starter motor macet.

Untuk menghindari hal tersebut, sangat di sarankan untuk melakukan pembersihan pada tombol sarter menggunakan cairan khusus. Atau dengan cara lain yaitu dengan menggunakan amplas dengan cara melakukan membongkaran pada konektor tombol starter.

Dinamo Starter Bermasalah


Sebenarnya masalah pada bagian dinamo starter sangat jarang terjadi, selama pemakaian-nya masih dalam batas waktu yang wajar. Untuk mengetahui apakah dinamo starter anda bermasalah, sahabat idokeren dapat menggunakan multimeter.

Jika pada multimeter menandakan adanya arus tetapi dinamo tidak bergerak / berputar, besar kemungkinan bahwa dinamo starter sobat bermasalah.

Aki soak


Aki merupakan kompenen yang bisa di bilang sangat penting pada motor. Bagaimana tidak, aki merupakan komponen kelistrikan, jadi ketika tedapat masalah pada aki, komponen lain sepeda motor yang membutuhkan tenaga listrik tidak befungsi sebagaimana mestinya. 

Aki soak dibedakan kedalam dua jenis yaitu : volt yang lemah, dan yang kedua tidak dapat menyimpan strum (ampere lemah).

Masalah seperti starter kadang berfungsi kadang juga tidak disebabkan oleh aki tidak dapat menyimpan setrum. Ciri dari masalah ini adalah starter berfungsi ketika mesin motor sudah panas dan tidak berfungsi ketika mesin mtoro dalam keadaan dingin.

Switch Rem Rusak

Masalah yang satu ini terjadi pada motor matic dimana jika kita ingin menyalakan starter motor, kita perlu menarik tuas rem. Jika anda mebongkar tuas rem tersebut, anda dapat menemukan komponen bernama switch starter didalam-nya. 

Masalah yang terjadi pada switch starter sama seperti yang terjadi pada tombol starter dimana switch starter lama kelamaan akan mengalami korosi (perkaratan pada besi) atau bisa juga karena sudah longgar pada bagian konektornya.

Switch Kopling Rusak


Masalah yang satu ini hanya akan dijumpai oleh pengendara motor sport, kasusnya sama seperti yang terjadi pada switch rem (motor matic). Perbedaan-nya, kali ini masalah ada pada komponen bernama switch kopling.

Sekian pembahasan kita mengenai penyebab dari starter motor kadang berfungsi kadang tidak. Mohon maaf jika ada kesalahan pengertian maupun kesalahan penulisan, saya harap sobat idokeren mendapat manfaat dari artikel ini, dan sampai jumpa pada pembahasan menarik lain-nya – idokeren.com.

Writer : Rahmat Riski H
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini