Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tanda- Tanda Thermostat Pada Mobil Akan Rusak

Idokeren.com – Pada artikelnya sebelumnya saya sudah berjanji bahwa akan menjelaskan ciri-ciri atau tanda thermostat pada mobil akan rusak. Masih ingat dengan info yang pernah saya sampaikan di artikel sebelumnya ?

Tanda- Tanda Thermostat Pada Mobil Akan Rusak

 
Yap, bahwa ada beberapa pengendara mobil yang sengaja melepas thermostat pada mobil dengan berbagai alasan salah satu alasannya adalah agar mesin mencapai suhu maksimal dalam jangka panjang.

Padahal perawatan dari thermostat itu tidaklah sulit, bahkan bisa terbilang tidak akan mengeluarkan biaya yang besar jika perawatannya dijalankan. Jika sudah mengetahui apa saja tanda-tanda thermostat pada mobil akan rusak maka kalian akan paham bagaimana merawatnya.

Maka kenalilah tanda-tanda thermostat pada mobil akan rusak. Berikut penjelasannya :

1. Pegaturan Temperatur yang berjalan aneh

Hal pertama yang paling dan sangat umum terjadi ketika thermostat pada mobil kalian rusak adalah temperature yang berjalan aneh. Penyebabnya adalah terbukanya thermostat pada temperature ruangan. Kenapa bisa ? sebab umumnya itu thermostat akan tertutup pada temperature ruangan dan akan bekerja ketika mobil dinyalakan.

Kalau kalian tidak tau kapan terbuka dan tertutupnya thermostat maka hal yang bisa dilakukan untuk mengeceknya adalah perhatikan ketika temperature baru 30 derajat atau baru beberapa menit dinyalakan maka suhu akan berubah dengan cepat. Berarti itu menandakan bahwa thermostat pada mobil kalian rusak.

2.Terjadinya sumbatan atau macet pada saluran

Kemudian terjadinya sumbatan atau sering disebut thermostat macet. Kenapa bisa ? jadi kemungkinan yang terjadi adalah ketika temperature mobil sudah cukup tinggi tetapi thermostat tak kunjung terbuka. Maka hal ini akan menyebabkan kondisi dimana air radiator tidak akan tersalurkan dan membuat mesin tetap dalam keadaan panas padahal harusnya sebaliknya.

Jika hal ini terus berlanjut besar kemungkinan oveheat akan terjadi pada mobil kalian

3. Pengaturan suhu butuh waktu lama

Tanda thermostat yang ketiga ini sebetulnya hampir sama dengan pengaturan yang berjalan aneh karena cara kerjanya. Jika thermostat rusak dan terus terbuka itu dapat menyebabkan mesin suhu membutuh waktu yang lama. jika dari ketiga tanda yang sudah sebutkan sudah kalian rasakan maka lebih baik cepat ke bengkel untuk sekedar mengecek.

Tetapi lebih baik untuk mengantinya jika tanda-tanda sudah mencapai level maksimal yang tidak akan tertolong lagi.

4. Bahan bakar mobil menjadi boros

Jika sudah baca artikel sebelumnya yang bejudul “ Apa dan Bagaimana Cara Kerja beserta Fungsi Thermostat ” pasti kalian akan mengerti. Tetapi agar kalian senang maka saya akan mebahasnya lagi secara singkat.

Suhu dan bahan bakar itu sangat erat hubungannya, jika suhu mesin terus dalam keadaan redah dalam waktu yang lama maka besar kemungkinan bahan bakar mobil akan lebih boros. Itulah sebabnya, jika akan meninggalkan mobil ada baiknya mematikan mesin mobil.

5. Sering terjadi overheat pada mobil

Nah, ditanda-tanda terahir dari Tanda- Tanda Thermostat Pada Mobil Akan Rusak ada overheat yang sering kalian dengat tetapi ketika ditanya, kenapa bisa terjadi ?

Maka jawaban yang paling simple adalah overheat itu bisa terjadi kapan saja dan dimana saja tanpa mengenal dengan siapa :D. tanda-tanda yang bisa terjadi ketika akan terjadi overheat setiap mobil itu berbeda-beda. Tetapi saya akan menyampaikan yang biasa terjdi.

Yang paling terasa adalah Suhu AC akan semakin menurun dan ruangan mobil akan terasa panas secara bertahap. Tapi ini bukan karna isi muatan mobil yang penuh yaa sob, jadi kalian harus teliti. Tenaga mobil juga akan berkurang, hal ini paling terasa adalah ketika mencapai kecepatan biasa tetapi kalian merasa ada yang berbeda.

Oke sampai disini aja artikelnya yaa sob, karena sepertinya tulisan saya sudah mulai panjang dan membosankan bagi semua orang. Tetapi bagi kalian pembaca setia terima kasih atas perhatian kalian selama ini.

Writer : Revina Martin
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini