Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Ban At Mt Dan Ht Untuk Performance SUV Lebih Baik

Idokeren.com - Pada umumnya mobil SUV Diproduksi di Indonesia menggunakan ban AT, MT dan HT. Contoh SUV yang dipertanyakan Toyota Land Cruiser, Toyota Rushdan Toyota Fortuner. Ketiga kode ban di atas tentunya memiliki arti tersendiri yang harus diketahui oleh keluarga matic, karena mengacu pada posisinya. Jenis ban Menurut medan. Apa perbedaan ban AT dan MT, lalu HT? Berikut penjelasannya di bawah ini!

Cari Tahu Jenis Ban Untuk SUV

Pengguna Sport Utility Vehicle atau SUV umumnya menggunakan jenis ban tertentu. Ban yang digunakan sedikit berbeda dengan tipe MPV, sedan dan hatchback. SUV lebih disukai karena fleksibel dan dapat digunakan di medan apa pun. Saat melewati lubang, genangan air cukup tinggi sehingga mobil SUV bisa melewatinya, Jalannya berkelok-kelok dan berlumpur naik turun. Hal ini menjadi biasa untuk type mobil ini.

Karakteristik SUV untuk melibas segala medan ini sebenarnya berkat ground clearance yang sedikit lebih tinggi dan pemilihan ban sesuai tipe medan. Tentu saja SUV memiliki beberapa pilihan ban yang bisa disesuaikan dengan medan. Kode ban adalah AT, MT dan HT. Perbedaan antara ban AT dan MT dan HT terletak pada topografi dan tipe yang tersedia.

ARTI MT DAN AT PADA BAN MOBIL

1. Pelajari Tentang Ban AT

MODEL BAN AT



Pertama ban AT atau All Terrain. Sesuai dengan namanya, ban AT dapat digunakan untuk berkendara di berbagai jenis medan jalan, off-road maupun melintasi jalan raya. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipahami tentang ban jenis ini.

Ban AT memiliki profil tapak yang sangat kasar dan longgar. Hal ini membuat keluarga otomotif lebih leluasa mengendarai SUV di jalan kasar atau medan kasar. Jika medan yang Anda lalui setiap hari adalah aspal perkotaan, atau terkadang daerah berlumpur dan berbatu, ban AT adalah pilihan terbaik. Namun, hati-hati karena pegangan AT bisa tergelincir.


2. Pelajari Tentang Ban MT

MODEL BAN AT



Kedua, ada ban MT atau Mud Terrain. Ban jenis ini biasanya diperuntukkan bagi kendaraan SUV yang sering digunakan di medan berat, seperti pertambangan, perkebunan, dan jalan berlumpur. Jelas bahwa perbedaan antara ban AT dan MT tergantung pada medan. Perbedaan kedua adalah ban MT jauh lebih kasar daripada AT dan blok tapak lebih dalam untuk menjaga getaran di jalan berlumpur dan di ujung lainnya.

  
Meski ban MT bisa melibas daerah terjal, bukan berarti bisa digunakan di trotoar perkotaan. Dengan tapak yang sangat kasar dan longgar, hanya sebagian kecil permukaan ban yang menempel pada aspal. Alhasil, getaran ban bisa sangat terasa, Ban menjadi licin terutama di kondisi jalan basah dan hujan. Selain itu, SUV berisiko mengalami peningkatan konsumsi bahan bakar dan kebisingan.


3. Pelajari Tentang Ban HT

MODEL BAN HT



Ketiga, ada ban HT atau Highway Terrain. Jenis ban ini sangat ideal untuk dipasang pada SUV yang berjalan setiap hari di trotoar perkotaan. Ban HT memiliki sifat dinding yang paling lembut diantara ban lainnya. Tali ban dikencangkan untuk meminimalkan resistensi dibandingkan dengan ban AT dan MT. Akibatnya, performa mesin berkurang dan efisiensi bahan bakar bisa ditingkatkan.

  
Jika sering bepergian di trotoar, jalan tol, serta sering mengendarai mobil untuk aktivitas sehari-hari dan luar kota, ban HT sangat ideal. HT secara khas lebih senyap daripada dua lainnya, tidak menimbulkan suara bising saat mengemudi.

Pilih ban at atau mt Kini sobat keren sudah mengetahui perbedaan ban AT dan MT serta HT. Jika Anda adalah pengguna  mobil SUV, ada baiknya Anda memilih ban yang sesuai dengan medan Anda. Hal ini akan mengoptimalkan performa kendaraan dan menjaga keselamatan. 
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini