Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Intip Pembuatan Lampu Panel Surya Di Jalanan

Intip Pembuatan Lampu Panel Surya Di Jalanan, Saat ini beberapa ruas jalan di Indonesia sudah memanfaatkan tenaga matahari sebagai sumber tenaga lampu jalan. Ternyata penangkap daya dari matahari tersebut sudah diproduksi sendiri di Indonesia.

Nah kali ini mendapat kesempatan berkunjung ke salah satu manufaktur solar panel dari Indonesia di bawah naman PT Sky Energy Indonesia. Pabrik pembuatan solar panel tersebut bertempat di Wanaherang, Bogor. Hmm, bagaimana produksinya ya


Intip Pembuatan Lampu Panel Surya Di Jalanan


"Bahan baku berupa cell, brexit, dan eva ketika ini kita masih impor, untuk pembuatannya secara sederhana cukup gampang dan dapat dengan cepat diselesaikan di sini untuk setiap solar panelnya. Yang paling penting itu cellnya dan tahun ini kita berencana untuk memproduksinya sendiri di dalam negeri," ujar Marketing Director, Ronald Sibarani, ketika dikunjungi di pabriknya.
Proses pertama yang dilakukan ialah memasangkan cell dengan beberapa lapisan tembaga dan perak pada permukaannya dengan teknologi printing. Untuk satu cell dibutuhkan waktu kurang lebih 2 menit untuk melewati proses printing tersebut sehingga menjadi solar cell yang dapat menyerap energi matahari.
Selanjutnya sehabis solar cell diuji, lempengan-lempengan tersebut tersebut dirangkai secara paralel yang terhubung satu dengan lainnya dengan tembaga. Hasil kesudahannya solar panel dapat dikemas ke dalam tiga bentuk, dalam frame yang rigid, fleksibel, dan dalam bentuk kompak untuk dibawa.

"Kalau frame itu berat sedangkan fleksibel lebih ringan dan dipakai di tempat-tempat yang lebih tinggi menyerupai Penerangan Jalan Umum (PJU) nah jika yang dapat dijinjing dan dibawa ini menyerupai genset fungsinya jadi nggak perlu pakai materi bakar yang beremisi," ungkap Ronald.

Manufaktur solar panel yang dikenal dengan naman Jskye ini merupakan yang pertama di Indonesia dan sudah bangkit semenjak tahun 2008. kebanyakan hasil produksinya dipakai di negara maju menyerupai di wilayah Amerika dan Eropa. Saat ini di luar produk mereka masih dipakai sebagai barang Original Equipment Manufactur (OEM) dari merek yang bekerja sama dengan mereka.

"Jskye mulai tahun 2008 awalnya sebagai trade implementor PLTS lalu kita berkembang hingga dengan ketika ini kita sudah produksi sendiri untuk solar panel. Saat ini kita itu eksportir solar panel ke Amerika Eropa Oceania. Tanggapan dari pasar luar negeri cukup bagus. Saat ini kita ekspor merupakan barang OEM, jadi masih memakai merk luar negeri. Ke depan kita harap dapat bawa nama Jskye ke luar negeri juga," terperinci Ronald.

Jskye sebagai penyuplai solar panel untuk PJU menyampaikan menjual produknya pada kontraktor tertentu dalam jumlah dan pesanan yang beragam. Mulai dari paket penuh hingga sebagian saja menyerupai lampu LED dan baterainya saja dapat disediakan.

"Saat ini kita lebih banyak support produk, baterai, ataupun lampu LED-nya. Ada beberapa yang partial package ada yang full package. Kalau secara volume agak susah berapa besar implementasinya alasannya ialah kebanyakan kita jual itu ke kontraktor," tutup Ronald.