Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mengenal Kunci Allen (Umum Dikenal Kunci L) serta Fungsinya

Idokeren.com – hai sobat setia semuanya... semoga kalian semua dalam keadaan sehat selalu. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang kunci allen dan tidak lupa juga mengenai fungsi – fungsinya.

Mengenal Kunci Allen (Kunci L) serta Fungsinya


Seperti yang kita semua tahu bahwa kunci (wrench) merupakan salah satu jenis tool hand yang berguna untuk mengencangkan mauupun mengendurkan baut. Namun pada topik kali ini, kita hanya akan membahas mengenai kunci allen. Berikut penjelasan mengenai kunci allen serta beberapa fungsinya.


Apa itu kunci allen (Kunci L)

Kunci allen atau juga dikenal dengan kunci inbus merupakan jenis kunci yang digunakan untuk mengoperasikan baut dengan bentuk khusus. namun, pada umumnya fungsi kunci allen digunakan untuk mellonggarkan cakram, baut pada shocker breaker pada bidang otomotif.

Bentuk dari kunci allen mirip dengan huruf “L” yang mana dengan bentuk tersebut sering disebut dengan kunci L. Kuncil allen sendiri mumnya dibuat dari material baja heksagonal dengan jenis high tensile. Kunci allen juga ada yang memiliki bentuk huruf T yang mana bekerja atau berfungsi seperti kunci socket.

Ukuran dari mata kuncinya sendiri berkisar pada rentang 1,5mm sampai 10mm. Oleh karena itu, selalu perhatikan ukuran mata kunci agar terhindar dari kerusakan kepala baut.

Kunci allen mempunyai dua lengan. Kedua lengan ini memiliki kegunaan masing – masing. Yang mana lengan yang lebih panjang digunakan untuk mengoperasikan baut yang berada lebih dalam. Dan lengan yang lebih pendek digunakan untuk mengoperasikan baut yang berada pada permukaan.

Fungsi umum kunci allen

Kunci allen ini mempunyai fungsi yang cukup spesifik. Kegunaannya yaitu untuk mengencangkan maupun mengendurkan baut yang memiliki bentuk bulat, namun mempunyai lubang heksagonal pada bagian dalamnya.

Pada umumnya, baut dengan model seperti ini memiliki dua macam bentuk. Bentuk yang pertama yaitu berkepala heksagonal dan bentuk yang kedua yaitu baut dengan kepala bintang.

Karena hal tersebut, kunci allen pun terbagi dalam dua jensi. Jensi yang pertama yaitu kunci L heksagonal dan yang kedua adalah kunci L bintang. Kunci L heksagonal mempunyai mata kunci dan handlle yang sama yaitu berbentuk heksagonal. Namun pada kunci L bintang, bagian handle berbentuk bulat, sedangkan ujung mata memiliki bentuk segi enam bintang.

Fungsi kunci allen berdasarkan jenisnya

Setelah mengetahui apa itu kunci allen, berikutnya kita akan membahas apa saja fungsi kunci allen berdasarkan jenisnya. Di bawah ini beberapa jenis – jensi kunci allen beserta dengan fungsinya.

1. Kunci allen T

Salah satu jensi kunci allen yang cukup sering untuk digunakan pada bidang otomotif adalah kunci allen T. Desain bentuk seperti huruf T serta memiliki dua lengan yang seimbang membuat kunci jenis ini mengoperasikan baut dengan lebih cepat

2. Kunci allen L

Jenis kunci yang satu ini terbilang sangat umum dan juga kunci tertua. Desain bentuk menyerupai huruf L membuat kunci ini memiliki lengan yang panjang dan pendek. Dengan lengan panjang tersebut membuat kunci jenis ini dapat menjangkau posisi baut yang sulit untuk dijangkau.

3. Kunci allen P

Kunci jenis yang satu ini sangat umum digunakan oleh produsen sepeda. Sekilas bentuknya mirip dengan kunci allen berbentuk T, akan tetapi pada lengan yang lebih terdapat lubang tempat pegangan. Kunci ini sangat cocok digunakan pada pemakaian yang memerlukan kekuatan, bukan kecepatan putar.

Baiklah sobat semua, saya rasa cukup sampai disini pembahasan kita kali ini. sampai jumpa pada pembahasan menarik lainnya – idokeren.com

idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini