Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Fungsi Water Jacket Pada Sistem Pendingin mobil Adalah

idokeren.com - Fungsi dari water jacket pada mobil adalah untuk menyeimbangkan dan mendinginkan suhu mobil . Seperti yang sudah diketahui , panas mesin dari setiap mesin akan dihasilkan dari proses pembakaran. lalu dimanakah tempat terjadinya penyerapan panas mesin, Inilah yang akan kita bahas bersama.

Penyebab mesin mobil yang terlalu panas biasanya adalah kerusakan pada radiator termostat. Suhu panas ini, jika dibiarkan tanpa sistem pendingin, akan menjadi terlalu panas dan merusak komponen lainnya. Oleh karena itu, agar tetap optimal, ketahui fungsi dan bagian-bagian water jacket, termasuk cara kerja.

Fungsi Water Jacket Pada Sistem Pendingin


Water Jacket Adalah

Fungsi water jacket pada blok silinder adalah  akan mengacu pada area di mesin mobil yang menampung air pendingin dan menyelimuti mesin Sebagai bagian dari sistem pendingin, air ini kemudian akan mensirkulasikan panas mesin sehingga panas mesin berkurang

Water jacket paling utama berada di sekitar liner silinder mesin. Oleh karena itu, sobat keren dapat menemukan komponen ini di blok silinder dan kepala silinder dan tentunya area tertentu yang memerlukan sirkulasi pendinginan.

Water jacket itu seperti lubang atau ruang di mesin dan area kepala silinder yang bisa digunakan untuk menampung air. Air akan dikumpulkan di area ini  akan digunakan untuk langsung menutupi dinding dan melapisi seluruh silinder mesin.

Fungsi Water Jacket

Fungsi water jacket pada sistem pendingin adalah sebagai ruangan dimana air pendingin / air radiator  mengalir ketika disirkulasikan di dalam mesin.

Cara kerja water jacket Air ini akan mengalir melalui celah water jacket, menyerap panas dari komponen mesin yang terlibat dalam proses pembakaran. Meski kesannya sangat sederhana, namun peran ini sangat vital.

Ketika air pendingin / radiator  mencapai suhu panas, itu akan  masuk ke dalam water jacket. Baru kemudian akan mengalir ke radiator setelah katup termostat terbuka untuk memungkinkan air mendinginkan  suhu panas.

Proses selanjutnya, ketika air radiator menerima proses pendinginan, maka akan mengalir kembali ke dalam water jacket untuk digunakan kembali untuk menyerap panas dari mesin.

Kerusakan Pada Water Jacket Dapat Menyebabkan Masalah Pada Mesin

Fungsi water jacket sebagai alat sirkulasi, seperti pada tempat penampungan air sementara pada sistem pendingin, tidak dapat digantikan oleh komponen lain.

Artinya, jika water jacket bermasalah, maka seluruh sistem pendinginan mesin mobil akan terganggu. Water jacket dapat mengalami kerusakan diakreanakna  Korosi atau karat biasanya menjadi penyebab kerusakan water jacket .

Ini mungkin karena usia penggunaan yang sudah lama, atau mungkin karena pemilihan air pendingin yang tidak tepat. Misalnya, menggunakan air pendingin biasa, bukan refrigeran yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil.

Akibat jika menggunkan air biasa ini mempercepat korosi pada pelat besi, karena tidak ada zat yang dapat mencegahnya terbentuk. Hal ini tentunya berbeda dengan penggunaan air radiaotr  yang jelas-jelas sudah mengandung bahan pembersih dan penghilang karat.

Baca juga : Fungsi Dan Manfaat Radiator Coolant Untuk Mesin Mobil

Cara Merawat System Water Jacket Pada Mobil

Sebagai salah satu komponen terpenting dari sistem pendingin mobil, diyakini kita harus merawat water jacket. Selain menggunakan coolant yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil, sebaiknya jangan sembarangan mengganti coolant yang ada di dalamnya. dikarenakan setiap pabrikan mempunyai karakteristik mesin berbeda satu dengan lainya.

Misalnya, jika  Anda awalnya menggunakan pendingin air biasa, jangan menggantinya dengan pendingin, karena justru akan merusak water jacket.

Hal ini karena cairan pembersih pada coolant justru akan bocor ke dinding water jacket yang terkorosi. Dengan demikian, anda  hanya membutuhkan perawatan rutin perawatan untuk mencegah kerusakan pada water jacket.

Dari ulasan di atas, sobatkeren  sudah mengetahui fungsi dari water jacket, cara kerjanya dan  merawatnya. Semoga pembahasan kita tentang fungsi water jacket pada sistem pendingin mobil dapat bermanfaat untuk semua teman teman terimakasih telah mampir di blog idokeren.com terimakasih
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini