Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Fungsi Lampu Kota Yang Benar Adalah

idokeren.com - Pengemudi belum sepenuhnya memahami fungsi lampu kota pada mobil. Akibatnya, penggunaan lampu kota seringkali tidak tepat. Sering ditemukan pengemudi mobil tidak menyalakan lampu kota saat perlu dinyalakan. Nah, agar Sobat keren  bisa menggunakan lampu kota dalam penggunaan aslinya, berikut adalah gambaran fungsi lampu kota pada mobil. Mari kita lihat bersama.
Berkenalan dengan lampu kota

Fungsi Lampu Kota


Lampu kota merupakan bagian dari sistem penerangan kendaraan. Ya, lampu kota tidak hanya dapat ditemukan di mobil, tetapi juga di kendaraan bermotor lainnya seperti sepeda motor, truk, dan bus. Istilah "lampu kota" sendiri hanya digunakan di Indonesia. 

Fungsi Lampu Kota Pada Mobil

Istilah internasional untuk lampu kota adalah "clearance light" atau ada yang menyebutnya "tail light" Lampu belakang, karena berguna untuk menginformasikan lebar mobil.  "tail light" berarti lampu belakang . 

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa lampu kota juga ditempatkan di bagian belakang mobil. Lampu tunggal ini disebut “cahaya kota” di Indonesia karena seharusnya dinyalakan di jalanan kota. Baik mobil besar maupun kecil wajib menyalakan lampu kota, termasuk pada siang hari.


Dari poin-poin di atas, sobat keren  sudah bisa menebak apa fungsi lampu kota pada mobil tersebut. Ya, fungsi utama lampu kota pada mobil adalah untuk memberi tahu pengguna jalan lain tentang lokasi mobil Anda. Dengan Menyalakan lampu kota, pengendara lain dapat mengetahui  bahwa mobil sebesar ini berjalan dan dapat diketahui ukuran mobil anda.

Lampu kota sangat berguna pada malam hari atau dalam kondisi minim cahaya, seperti saat berkabut. Dengan lampu kota, pengemudi dapat mengetahui keberadaan kendaraan lain untuk meminimalkan risiko kecelakaan. 

Maka tak heran jika mobil besar memasang lampu kota yang mudah terlihat sehingga pengguna jalan lain bisa memperkirakan ukurannya.dengan Nyalakan lampu kota di mobil

Pada mobil, lampu kota diletakkan di depan mobil maupun di belakang. Untuk lampu kota, letaknya di dekat lampu depan. Lampu kota di depan bisa dinyalakan sendiri atau dengan lampu depan.
Sedangkan lampu kota terintegrasi dengan lampu rem. 

Fungsi lampu lalu lintas kota sama dengan lampu lalu lintas kota, khususnya sebagai sinyal bagi kendaraan lain. Dengan lampu kota menyala, mobil di belakang pengendara lain dapat memperkirakan lebar mobil Anda.

Cara menyalakan lampu kota

Untuk menyalakan lampu kota, cukup nyalakan sakelar. Sakelar lampu kota terintegrasi dengan sakelar lampu depan. Putar sakelar ke depan sekali, maka lampu kota akan menyala. Biasanya, lampu LED mobil di plat nomor juga akan menyala saat Anda menyalakan sakelar lampu kota.

Jika lampu kota di mobil Anda redup, segera ganti. Mengemudi dengan lampu kota normal hanya akan membahayakan keselamatan Anda. Ganti lampu kota yang redup dengan lampu baru yang bisa dilihat dengan jelas oleh pengendara lain di jalan.


Dengan demikian, fungsi lampu kota adalah sinyal ke kendaraan lain untuk menginformasikan keberadaan mobil Anda. Lampu ini sangat berguna di kondisi minim cahaya. Mengingat betapa pentingnya fungsi lampu kota, sebaiknya Anda mengeceknya secara rutin. Datang dan periksa mobil di bengkel kepercyaan anda . Dengan teknisi ahli, Menjamin mobil kesayangan Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik dan profesional.
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini